Green Office Park 1, BSD City Jadi Tuan Rumah GBC Ideas 2021

Green Office Park 1 (GOP 1) BSD City dipilih untuk menghelat GBC Ideas, karena dinilai sesuai dengan visi GBCI yang mengedepankan nilai-nilai sustainability.

Foto: Sinar Mas Land
Foto: Sinar Mas Land

RealEstat.id (Tangerang) – Gedung Green Office Park 1 (GOP 1) resmi menjadi tuan rumah perhelatan lomba desain dan inovasi pembangunan berkelanjutan pada ajang GBC Ideas 2021 yang diselenggarakan Green Building Council Indonesia (GBCI) dan World Green Building Council (WGBC).

Ajang tersebut digelar secara hybrid yang dapat disaksikan melalui platform Zoom serta disiarkan secara langsung pada Kamis (11/11/2021) lalu di Gedung Green Office Park 1 (GOP1), BSD City.

GBC Ideas adalah kegiatan tahunan yang diadakan GBCI untuk kompetisi inovasi dan terobosan baru dalam pembangunan green building yang berkelanjutan. GBCI merupakan organisasi independen yang didirikan sejak 2009 oleh para profesional dan perusahaan terkemuka di industri bangunan di Indonesia.

Baca Juga: Lewat GOP 1, Sinar Mas Land Raih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi 2021

Kompetisi tersebut dilaksanakan sejak Agustus-November 2021, serta terdiri dari empat kategori lomba di antaranya Net Zero Healthy Design for Professional, Net Zero Healthy Design for Student, Net Zero Healthy Innovation for Student, serta Favorite Ideas.

Juara pertama dari masing-masing kategori akan mendapatkan kesempatan untuk menampilkan ide dan karyanya dalam ajang ‘International Conference on Advancing Net Zero’ yang diadakan oleh GBC Hong Kong.

Seluruh peserta lomba yang berhasil melaju ke babak final mendapatkan hadiah berupa beasiswa penuh Greenship Associate dari GBCI.

Baca Juga: Green Office Park 1 Sabet FIABCI Indonesia - REI Excellence Awards 2020

“Terima kasih kepada Sinar Mas Land yang telah memberikan dukungannya melalui penyediaan sarana dan prasarana di Green Office Park 1 guna menyukseskan acara GBC Ideas 2021. Kami memilih lokasi di GOP 1 BSD City karena gedung tersebut sangat sesuai dengan visi GBC Indonesia yang selalu mengedepankan nilai-nilai sustainability,” ujar Iwan Prijanto, Ketua Umum Green Building Council Indonesia.

Sementara itu, Managing Director President Office Sinar Mas Land – Dhony Rahajoe mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dapat memfasilitasi ajang GBC Ideas 2021 yang mendorong inovasi dan terobosan baru dalam pembangunan green building.

"Dukungan perusahaan terhadap GBC Indonesia ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung pencapaian target net zero carbon emission dalam pembangunan gedung-gedung,” kata Dhony Rahajoe.

Baca Juga: Resmi Dibuka: Traveloka Campus BSD City, Kantor Pusat Baru Traveloka

GOP 1 merupakan gedung perkantoran terbaru yang dikembangkan Sinar Mas Land di kawasan BSD Green Office Park. Gedung tersebut saat ini dikenal sebagai Traveloka Campus dan telah tersertifikasi sebagai bangunan hijau dari GBCI dengan peringkat Gold. Start-up unicorn asal Indonesia yaitu Traveloka telah merelokasi kantor pusatnya dari Jakarta ke gedung GOP 1 pada Maret 2021.

Gedung GOP 1 memiliki desain yang unik berupa atrium semi terbuka pada pusat bangunan serta terdapat area Green Garden dan Green Roof pada atap bangunan sehingga dapat membantu penurunan suhu dalam bangunan. GOP 1 dilengkapi dengan berbagai fitur hemat energi di antaranya unit pendingin berupa chiller VSDdaylight sensors dan motion sensors pada lampu, double glass façade, serta building automation system untuk mengontrol dan memantau penggunaan energi bangunan. 

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Sentra vaksinasi Nuvasa Bay Batam (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Sentra vaksinasi Nuvasa Bay Batam (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Perwakilan Sharp Indonesia, Diknas, Guru dan Siswa SMKN 4 Bandung berfoto setelah penandatanganan kerja sama.
Perwakilan Sharp Indonesia, Diknas, Guru dan Siswa SMKN 4 Bandung berfoto setelah penandatanganan kerja sama.
John Riady, CEO PT Lippo Karawaci Tbk (Foto: Dok. LPKR)
John Riady, CEO PT Lippo Karawaci Tbk (Foto: Dok. LPKR)