Gandeng Agen Properti, Bank BTN Rilis Program 'Kangen Banget'

Program kerja sama antara Bank BTN dengan agen properti ini ditargetkan dapat menyalurkan pembiayaan KPR dan KPA hingga 5.000 unit.

Program 'Kangen Banget' memberikan kemudahan kepada konsumen agen properti berupa uang muka ringan, angsuran terjangkau dengan jangka waktu panjang serta angsuran secara berjenjang.
Program 'Kangen Banget' memberikan kemudahan kepada konsumen agen properti berupa uang muka ringan, angsuran terjangkau dengan jangka waktu panjang serta angsuran secara berjenjang.

RealEstat.id (Jakarta) - Menggenjot penyaluran pembiayaan perumahan hingga akhir tahun 2022, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) meluncurkan Program Kangen Banget (KPR/KPA Agent – BonusnyA NGagETin).

Kangen Banget merupakan program kerja sama antara Bank BTN dengan agen properti yang ditargetkan dapat menyalurkan pembiayaan KPR dan KPA hingga 5.000 unit.

“Kerja sama Bank BTN dengan mitra agen properti menunjukkan hasil yang luar bisa dalam beberapa tahun belakang. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih atas kesetiaaan mitra agen properti terus setia dengan Bank BTN,” ungkap Wakil Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu saat ditemui di acara 'Rumah.com Agent Award 2022' di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Dengan KPR BTN Bebas, Cukup Bayar DP Bisa Punya Rumah

Nixon mengungkapkan, berdasarkan data realisasi KPR/KPA agen properti di Bank BTN periode Semester I 2022 terdapat pertumbuhan realisasi KPA/KPR agen properti yang pesat, yakni pertumbuhan sebesar 354% secara tahunan (year on year), dengan jumlah pembiayaan KPR/KPA mencapai 870 unit senilai Rp360 miliar.

Menurut dia, dengan peluncuran Program Kangen Banget ini, diharapkan jumlah penyaluran KPR/KPA Bank BTN melalui agen properti akan semakin besar. Untuk mencapai target 5.000 unit tersebut, dalam Program Kangen Banget ditawarkan suku bunga mulai 3,72%, uang muka mulai 5% untuk KPR/KPA primary, dan 10% untuk KPR/KPA secondary, Penawaran fee agen hingga 1,2% dan reward bonus jalan-jalan ke dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Resmi Dibuka, IPEX 2022 'KPR BTN Merdeka' Targetkan Rp2,5 Triliun

Lebih lanjut Nixon mengungkapkan, Bank BTN sebagai bank yang fokus dalam pembiayaan perumahan selalu berupaya untuk menjadi solusi pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat memiliki hunian idaman.

Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui komunikasi dan kolaborasi dengan para stakeholder bisnis properti, baik itu mitra pengembang ataupun tenaga penjual seperti property agent.

“Eksistensi dan peran agen properti sebagai tenaga penjual juga memiliki peran penting dalam bisnis properti yang kini menjadi salah satu motor pertumbuhan ekonomi,” pungkas Nixon LP Napitupulu.

Baca Juga: Kementerian PUPR dan Bank BTN Susun Grand Design Perumahan MBR Sektor Informal

Sementara itu, Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar menambahkan, Program Kangen Banget ini merupakan penyempurnaan program sebelumnya. Program ini memberikan kemudahan kepada konsumen agen properti berupa uang muka ringan, angsuran terjangkau dengan jangka waktu panjang serta angsuran secara berjenjang.

“Agar program ini lebih menarik, kita berikan fee kepada agen properti sebesar 1,2%. Kemudian DP sebelumnya untuk rumah bekas dari 20% - 30% menjadi 10%, sedangkan rumah baru dari 10% - 15% menjadi 5%,” jelasnya.

Hirwandi berharap, dengan program seperti Kangen Banget ini, bisa meningkatkan penyaluran KPR Komersial atau Non-Subsidi yang ditargetkan komposisinya bisa lebih dari 40% dari total penyaluran kredit Bank BTN. Saat ini komposisi KPR Subsidi masih sekitar 62% dan sisanya 38% adalah KPR Komersial.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Perumahan MBR (Foto: Kementerian PUPR)
Perumahan MBR (Foto: Kementerian PUPR)
Rumah Subsidi (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Rumah Subsidi (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Haru Koesmahargyo, Direktur Utama Bank BTN.
Haru Koesmahargyo, Direktur Utama Bank BTN.