Galeri Kampung Mantul Binaan Sinar Mas Land Jadi Wisata Edukasi Siswa PAUD Tangerang

Kampung Mantul diharapkan bisa menjadi wahana rekreasi edukasi pengembangan pertanian, peternakan, penghijauan, dan pengelolaan sampah bagi pelajar dan masyarakat umum.

Galeri Kampung Mantul Tangerang jadi Wisata PAUD (Foto: Sinar Mas Land)
Galeri Kampung Mantul Tangerang jadi Wisata PAUD (Foto: Sinar Mas Land)

RealEstat.id (Tangerang) – Galeri Kampung Mantul (Mantap Betul) menerima dua kunjungan dari Sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD) Pelangi dan Citra Lestari, Kabupaten Tangerang. Kunjungan yang bertujuan untuk mengedukasi anak-anak agar peduli terhadap kelestarian lingkungan tersebut, berlangsung di Kampung Ranca Kebo, Desa Mekar Jaya, Kabupaten Tangerang, bertepatan dengan Hari Guru Nasional (25/11/2021).

Kampung Mantul Tangerang merupakan desa binaan yang diinisiasi oleh Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dan menjadi salah satu program corporate social responsibility (CSR) di bidang lingkungan dan ekonomi kemasyarakatan. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan wisata edukasi lingkungan melalui pengenalan jenis-jenis tanaman buah dan sayur.

Baca Juga: Sinar Mas Land Resmikan Program Kampung Mantul

Kepala CSR BSD - Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana mengatakan, pendidikan lingkungan merupakan pembelajaran penting untuk anak-anak usia dini. Hal ini perlu terus dilakukan guna memupuk rasa cinta dan peduli terhadap kelestarian lingkungan.

"Kami berharap, ke depannya Kampung Mantul dapat menjadi wahana rekreasi edukasi, khususnya dalam pengembangan pertanian, peternakan, penghijauan, dan pengelolaan sampah bagi siswa/siswi dan masyarakat umum,” tutur Maria Chatarina Octaviana.

Galeri Kampung Mantul tangerang sinar mas land realestat.id dok
Galeri Kampung Mantul Tangerang (Foto: Dok. Sinar Mas Land)

Pada kunjungan kali ini, anak-anak PAUD dibekali materi belajar dan mengamati secara dekat proses pembibitan tanaman, pemeliharaan tanaman, serta melakukan kegiatan penanaman dan memanen sayur. Dari kegiatan tersebut, anak-anak bereksplorasi dan belajar merawat lingkungan serta alam dari sejak dini.

Supendi Akbar, narasumber Kampung Mantul dan Penggerak Lingkungan Ranca Kebo, Tengerang, menjelaskan, wisata edukasi atau kunjungan seperti ini memberikan banyak manfaat bagi siswa dan juga masyarakat sekitar.

Baca Juga: KIIC Gelar Pelatihan Usaha dan Pendampingan Bertani Kepada Warga Sekitar

"Bagi murid yang berkunjung bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baik serta dapat juga membantu mensejahterakan para petani setempat di Kampung Mantul ini,” ujar Supendi.

Kampung Mantap Betul yang merupakan singkatan dari mandiri, tahan pangan, peduli lingkungan, bersih, tanggap, dan unggul telah secara aktif mendukung pemberdayaan kampung seperti budidaya pertanian, pengelolaan sampah berbasis masyarakat, peternakan, penghijauan, dan estetika lingkungan, serta kearifan lokal melalui UMKM sesuai dengan kebutuhan warga di wilayah binaan.

Galeri Kampung Mantul diresmikan pada Desember 2020 lalu, serta dibangun di dua lokasi, yakni di Kampung Ranca Kebo, Kabupaten Tangerang dan di Kampung Dadap Timur, Kota Tangerang Selatan.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Homestay di kawasan Mandalika, Lombok. (Foto: Kementerian PUPR)
Homestay di kawasan Mandalika, Lombok. (Foto: Kementerian PUPR)
Desert Rock (Foto: Oppenheim Architecture)
Desert Rock (Foto: Oppenheim Architecture)