Digital Hub BSD City dan Xendit Selenggarakan DNA VC Startup Connect

DNA VC Startup Connect menjadi media bagi startup, angel investor, hingga venture capital untuk berinteraksi, memperluas relasi, dan membuka kesempatan memperoleh pendanaan.

DNA VC Startup Connect menghadirkan rangkaian acara seperti offline speed dating, consultation session, fundraise cheat guide, dan startup networking night bersama lebih dari 100 Startup dan lebih dari 60 Venture Capital (VC), pada Selasa (23/4) lalu di The Residence OnFive, Grand Hyatt Hotel, Jakarta. (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
DNA VC Startup Connect menghadirkan rangkaian acara seperti offline speed dating, consultation session, fundraise cheat guide, dan startup networking night bersama lebih dari 100 Startup dan lebih dari 60 Venture Capital (VC), pada Selasa (23/4) lalu di The Residence OnFive, Grand Hyatt Hotel, Jakarta. (Foto: Dok. Sinar Mas Land)

RealEstat.id (Jakarta) – Pertumbuhan ekonomi yang pesat, penetrasi internet yang semakin luas, dan perkembangan ekosistem startup yang dinamis telah menjadikan negeri ini sebagai destinasi menarik bagi para investor.

Pada 2021 lalu, berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, bidang investasi startup Indonesia menduduki peringkat tertinggi di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar 42 persen.

Sinar Mas Land melalui Digital Hub berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan ekosistem startup digital potensial di Indonesia melalui gerakan Digital Hub Next Action (DNA), yang diwujudkan dengan berbagai program, termasuk TechConnectSeries bertajuk “VC Startup Connect”.

Pada program kali ini, Digital Hub bekerja sama dengan Xendit, sebuah perusahaan penyedia infrastruktur pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara.

Rangkaian acara yang dihelat antara lain offline speed dating, consultation sessionfundraise cheat guide, dan startup networking night bersama lebih dari 100 Startup dan lebih dari 60 Venture Capital (VC)di The Residence OnFive, Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Baca Juga: NTT dan Microsoft Buka Digital Experience Center (DXC) di Digital Hub BSD City

Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sangat senang bisa menghadiri acara DNA VC Startup Connect, sebuah gerakan dalam ekosistem digital yang diinisiasi Sinar Mas Land melalui Digital Hub.

Menurutnya program ini sangat positif, mempertemukan inovasi dan investasi untuk membentuk masa depan ekonomi kita yang lebih baik.

Beberapa tahun terakhir ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat dipengaruhi oleh ekosistem startup yang dinamis dan ekspansi ekonomi digital yang tumbuh cepat.

Potensi Indonesia sangat besar dalam pengembangan bisnis digital yang kompetitif di tingkat global.

Sebagai pemerintah, Kemenparekraf RI berkomitmen untuk selalu berkolaborasi dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, baik para pemimpin industri, lembaga pendidikan, maupun komunitas-komunitas startup.

"Kami meyakini bahwa sinergi dalam memperkuat ekosistem ini dapat lebih meningkatkan akselerasi pertumbuhan ekonomi digital,” kata Muhammad Neil El Himam.

Baca Juga: Gelontorkan Rp2 Triliun, Sinar Mas Land Hadirkan Biomedical Campus di BSD City

Sementara itu, CEO Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, pengembangan dalam dunia startup bisa terealisasikan karena meningkatnya trend digital opportunity di Indonesia.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Mckinsey & Company, pada sektor teknologi digital, tenaga kerja Indonesia diprediksikan berkontribusi sebesar USD35 miliar pada tahun 2025.

Sinar Mas Land melalui Digital Hub berkomitmen dalam menerapkan digitalisasi, khususnya di sektor startup guna mendorong terealisasinya PDB sekitar USD150 miliar (pertumbuhan sebesar 10%) pada tahun 2025. Selain itu, teknologi digital juga berpotensi menambah lapangan pekerjaan sebanyak 3,7 juta.

Selaras dengan hal tersebut, acara DNA VC Startup Connect ini bertujuan untuk memberikan medium bagi startupangel investor, hingga venture capital untuk saling berinteraksi, memperluas relasi dan jaringan, serta membuka kesempatan untuk memperoleh pendanaan.

"Semoga momen ini menjadi awal dari kolaborasi yang sukses dan membawa manfaat bagi semua pihak, sehingga dapat mencapai tujuan bersama dalam mengakselerasi pertumbuhan startup di Indonesia,” kata Irawan Harahap, berharap.

Baca Juga: Sinar Mas Land dan Monash University Helat Urban Design Competition

Pada kesempatan yang sama, Co-Founder & CEO, Xendit, Moses Lo menyampaikan, bahwa dirira selalu mengingat nasihat berharga yang diterima dari investor di awal perjalanan Xendit.

Bimbingan mereka, imbuhnya, memainkan peran penting dalam membentuk Xendit seperti hari ini.

Sebagai perusahaan yang sangat berkomitmen untuk memberikan kontribusi, Xendit bangga mendukung acara seperti ini, yang menunjukkan dedikasi mereka untuk mendorong pertumbuhan dalam ekosistem startup digital di Indonesia.

"Dengan lebih dari 60 investor yang hadir, kami berharap mendapatkan wawasan berharga yang akan memberdayakan startup untuk berkembang,” tutur Moses Lo.

DNA VC Startup Connect merupakan kegiatan speed dating eksklusif untuk mempertemukan startup dengan investor terkemuka skala nasional maupun internasional.

Tujuannya untuk mendorong kolaborasi dan pertumbuhan ekosistem startup yang tengah berkembang pesat di Indonesia.

Baca Juga: Yuk, Intip Tampilan Kampus Coding Hacktiv8 di BSD City!

Sebelumnya, para startup yang berpartisipasi harus melewati proses seleksi dan kurasi ketat yang dinilai melalui beragam aspek mulai dari inovasi ide, potensi pasar, dan skalabilitas bisnis. 

Startup yang terpilih mendapatkan kesempatan untuk bertemu secara langsung dengan angel investor serta perusahaan modal ventura seperti Living Lab Ventures, East Ventures, Alpha JWC Ventures, Gobi Partners, Vertex Ventures SEA and India, Trihill Capital, MDI Ventures, Antler, AC Ventures, Intudo, SMDV, dan banyak perusahaan investasi lainnya.

Sejak tahun 2016, Sinar Mas Land telah melakukan transformasi digital untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi masyarakat.

Inisiatif tersebut salah satunya dilakukan dengan mengembangkan Digital Hub, sebuah kawasan seluas 26 hektare di BSD City yang didedikasikan untuk komunitas, institusi pendidikan, startup dan perusahaan multinasional di bidang teknologi digital dan kreatif.

Animo positif didapatkan dari berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem yang telah menjadi rumah bagi lebih dari 38 dari perusahaan terkemuka di antaranya Traveloka, Unilever, NTT, Grab, dan Apple.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Pembukaan Herb Euphoria Fest, Kamis, 20 Juni 2024 (Foto: Istimewa)
Pembukaan Herb Euphoria Fest, Kamis, 20 Juni 2024 (Foto: Istimewa)
Program Wujudkan Mimpi digelar Synthesis Development Juni - Agustus 2024 (Foto: Istimewa)
Program Wujudkan Mimpi digelar Synthesis Development Juni - Agustus 2024 (Foto: Istimewa)
Konferensi Pers GPA The People’s Choice 2024, Rabu, 29 Mei 2024. (Foto: Istimewa)
Konferensi Pers GPA The People’s Choice 2024, Rabu, 29 Mei 2024. (Foto: Istimewa)
Momen Kampai di acara Sharp Dealer Convention 2024, Labuan Bajo (Foto: Istimewa)
Momen Kampai di acara Sharp Dealer Convention 2024, Labuan Bajo (Foto: Istimewa)