Delapan Aturan dan Tips Mendesain Kantor di Rumah Anda

Hal paling utama, tentu menciptakan kenyamanan bekerja di rumah yang diwujudkan melalui perangkat atau perabot kerja sesuai keinginan dan kondisi rumah Anda.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Bagi Anda yang bercita-cita membuat ruang kerja atau kantor di rumah, ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan dan tips agar impian sebagai representasi keinginan Anda benar-benar terwujud.

Hal paling utama, tentu menciptakan kenyamanan bekerja di rumah. Kenyamanan bisa diwujudkan melalui perangkat atau perabot kerja yang sesuai dengan keinginan dan kondisi rumah Anda. Meja komputer yang dilengkapi banyak laci atau tempat duduk di ruang terbuka, misalnya, bisa Anda wujudkan di kantor rumah.

Selera dan gaya hidup adalah dasar pembuatan kantor impian di rumah Anda. Dikutip dari laman techbullion.com, setidaknya ada delapan tips untuk mewujudkan kantor di rumah Anda:

Baca Juga: 7 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Kreatif dan Kerasan

1. Tentukan Area dan Luas Kantor di Rumah

Umumnya, seseorang memanfaatkan ruang kosong di rumah (gudang, paviliun atau basement) untuk disulap menjadi ruang kerja atau kantor. Namun banyak juga yang memiliki (bahkan tidak punya) ruang kosong yang terbatas untuk dijadikan kantor.

Untuk itu, Anda harus menentukan area serta luas ruangan yang akan dijadikan kantor di rumah. Pertimbangan utama untuk langkah pertama ini adalah ruang kaki luas agar para pekerja nantinya nyaman menjalankan tugas masing-masing,

2. Pastikan Pintu Akses Tidak Terhalang

Bagi Anda yang mempunyai ruang kantor yang terbatas, atur posisi meja kerja agar tidak terlalu memakan ruang. Selain itu bentuknya juga harus disesuaikan dengan ketersediaan ruang. Misal meja kerja berbentuk “L” yang bisa menghemat sudut ruangan. Penempatan meja kerja juga diusahakan diberi jarak cukup dari pintu akses keluar masuk sehingga tidak mengganggu aktivitas para pekerja.

Baca Juga: Tips Feng Shui: Desain Ruang Kantor Bagi Pimpinan Perusahaan

3. Siapa yang Memanfaatkan Kantor di Rumah

Peruntukan kantor rumahan juga menjadi langkah penting sebelum mewujudkannya. Anda perlu menyesuaikan meja kerja dengan penggunanya, apakah itu untuk para pekerja, untuk Anda pribadi atau mungkin ditambah anak-anak Anda yang juga akan memanfaatkannya sebagai ruang belajar.

4. Atur Meja dan Peralatan Kerja Secara Simetris

Kenyamanan dalam bekerja berpengaruh terhadap kreativitas dan produktivitas. Makin nyaman ruang dan suasana kerja, kreativitas juga berpotensi terus mengalir dan meningkatkan produktivitas pekerja.

Atur tempat duduk yang nyaman bagi punggung Anda, apalagi jika pekerjaannya harus diselesaikan dalam waktu berjam-jam. Selain itu, atur juga meja dan perangkat lainnya (seperti komputer) simetris sehingga tidak membuat Anda cepat lelah.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Kerja di Rumah dan Kantor Sesuai Feng Shui

5. Rapikan Kabel yang ada

Meski di zaman sekarang mayoritas wireless, pikirkan juga kabel-kabel dari peralatan (piranti) kerja di kantor rumah Anda. Rapikah kabel-kabel yang ada setelah masing-masing diberi identitas. Selain menjadikan kantor rumah lebih rapih, kabel yang sudah diberi identitas mudah dan bisa menghemat waktu saat Anda ingin menata ulang.

6. Hitung Anggaran Pendirian dan Perawatan Kantor Rumahan

Untuk pendirian awal, hitung biaya peralatan kantor seperti seperangkat meja dan kursi yang disesuaikan dengan penggunanya. Jika kira-kira bisa, manfaatkan saja perabot yang sudah Anda punya dirumah sebagai perlengkapan di kantor rumahan. Sementara yang dimaksud biaya perawatan adalah pengeluaran rutin tiap bulan untuk operasional kantor rumahan Anda.

Baca Juga: 3 Trik Ciptakan Desain Home Office untuk Dukung Produktivitas Bekerja

7. Perbanyak Ruang Terbuka Untuk Akses Cahaya

Pencahayaan kantor yang buruk bisa mempengaruhi kekuatan mata para pekerja sehingga mudah tegang. Manfaatkan lah cahaya matahari secara optimal dengan memperbanyak jendela atau kaca agar ruangan lebih terang. Penggunaan daya listrik pun bisa dihemat karena memanfaatkan cahaya matahari. Selain itu, gunakan lampu meja berdaya listrik rendah untuk membantu pekerjaan yang dilakukan di atas meja.

8. Manfaatkan perabotan rumah sebagai fasilitas kantor

Rak buku atau kabinet yang menempel di dinding bisa dimanfaatkan untuk menyimpan file kerja Anda. Pilihlah perabot rumah yang tidak membutuhkan ruang luas untuk mendukung kerja di kantor rumahan. Kalau meja komputer Anda masih berfungsi baik pengamanannya (sistem kunci normal) Anda tak perlu membeli brankas untuk menyimpan file-file sangat penting dan bahkan rahasia.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Ilustrasi cara Mengusir tikus dengan kopi. (Sumber:  Freepik)
Ilustrasi cara Mengusir tikus dengan kopi. (Sumber: Freepik)
Ilustrasi mengubah HGB ke SHM. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi mengubah HGB ke SHM. (Sumber: Shutterstock)
Ruang kerja di perkantoran (Foto: Pixabay)
Ruang kerja di perkantoran (Foto: Pixabay)