Usung Tema 'Lebaran Punya Rumah Baru', Arrayan Group Gelar Akad Kredit Massal Grand Cikarang City 2

Pada akad kredit massal kali ini, tercatat ada 200 unit rumah subsidi di Grand Cikarang City 2 (GCC 2) yang telah mendapatkan persetujuan dari Bank BTN.

Asmat Amin, Founder Arrayan Group (kiri) saat Akad Massal Grand Cikarang City 2 (GCC2).
Asmat Amin, Founder Arrayan Group (kiri) saat Akad Massal Grand Cikarang City 2 (GCC2).

RealEstat.id (Cikarang) – Pengembang perumahan subsidi pemenang banyak penghargaan, Arrayan Group, kembali menghelat akad kredit massal Grand Cikarang City 2 (GCC 2), kali ini dengan mengangkat tema “Lebaran Punya Rumah Baru”.

Digelar di Perumahan Grand Cikarang City 2, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (9/3/2024), akad kredit massal ini merupakan akad perdana Bank BTN Kanwil 1 dengan Arrayan Group di tahun 2024.

Tuti Mugiastuti, Direktur Marketing PT Alexandra Citra Pertiwi, selaku pengembang Grand Cikarang City 2 mengatakan, akad kredit kali ini tercatat ada 200 unit rumah subsidi di GCC 2 yang sudah mendapatkan persetujuan dari Bank BTN.

Dari jumlah tersebut, imbuhnya, sekitar 90% adalah mereka yang akan menghuni Cluster Alexandra Park, ditambah sebagian kecil yang ada di blok K, M, N. Sisanya, sebanyak 10% akan menghuni Cluster Amara Park.

Baca Juga: Raih FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2023, Grand Cikarang City 2 Wakili Indonesia di Ajang Internasional

“Bulan ini ada 540 unit rumah yang harus kami serahterimakan. Tetapi hari ini yang kami akad kreditkan baru 200 unit, jadi masih ada 340 unit yang harus kami serahterimakan hingga Lebaran. Unit tersebut berada di Cluster Alexandra Park, Blok C dan Cluster Amara Park, Blok K, M, dan N,” terang Tuti.

Untuk diketahui, total rumah yang akan dibangun dalam Cluster Alexandra Park sebanyak 500 unit, sementara yang sudah terbangun saat ini sebanyak 191 unit.

Tuti menambahkan, saat ini waktunya yang tepat untuk mengambil rumah subsidi karena ada beberapa bantuan yang diberikan pemerintah, seperti bantuan biaya administrasi, bantuan uang muka sebesar Rp4 juta, dan biaya proses juga dibantu pemerintah. Di Cluster Alexandra Park DP yang semula DP Rp25 juta menjadi Rp21 juta karena ada bantuan uang muka sebesar Rp4 juta.

"Di Amara Park yang tadinya DP sebesar Rp11 juta, menjadi Rp7 juta. Sekarang dengan DP Rp7 juta sudah bisa ambil rumah di GCC 2,” ujar Tuti di sela-sela acara akad kredit massal GCC 2.

Baca Juga: Genjot Penjualan, Grand Cikarang City 2 Helat 'GCC2 Funtastis Booking 1000 Unit Bareng Kang Sule'

Potensi Pasar Perumahan Cikarang

Sementara itu, Budi Permana, Subsidized Mortgage Division Head PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, mengatakan, BTN melakukan akad massal di beberapa tempat di seluruh Indonesia, salah satunya di Cikarang, Bekasi.

Dengan kegiatan akad massal, kata dia, mendorong masyarakat untuk mengambil rumah subsidi karena mudahnya syarat dan biaya. “Bukan lagi mimpi dan sulit untuk mendapatkan rumah subsidi. Dengan hanya DP Rp7 juta bisa langsung menempati rumah di GCC 2,” ujar Budi.

Lebaran Punya Rumah Baru Arrayan Group Gelar Akad Kredit Massal BTN realestat.id dok Grand Cikarang City 2
Akad kredit massal GCC 2 kali ini merupakan akad perdana Bank BTN Kanwil 1 dengan Arrayan Group di tahun 2024. (Foto: Istimewa)

Sangat mudah, lanjut Budi, suami-isteri, dan dua-duanya bekerja maksimal penghasilan Rp8 juta per bulan. Tetapi kalau single penghasilannya Rp7 juta, tidak punya rumah, dan belum pernah mendapatkan subsidi perumahan. Tinggal melengkapi syarat-syarat kredit, dan tinggal tunggu beberapa hari mendapatkan kepastian disetujui atau tidak kreditnya.

Terkait akad kredit massal di GCC 2 ini, Budi menyebut potensi Cikarang untuk rumah subsidi adalah sangat besar. Bahkan, bagi BTN salah satu lumbung terbesar untuk KPR rumah subsidi ada di wilayah Bekasi mulai dari Cikarang sampai Kerawang. Potensi KPR subsidi yang paling besar di Indonesia ada di wilayah ini.

Baca Juga: Arrayan Group Rilis New Cluster Subsidi di Grand Cikarang City 2, Langsung Terjual 50%!

“Secara nasional Jawa Barat nomor satu disusul Banten untuk KPR BTN. Di Jawa Barat sendiri yang paling besar ada di Bekasi dan sekitarnya mulai dari Cikarang sampai Kerawang, bisa sampai 60% hingga 70% pasar rumah subsidi,” ujar Budi.

Dalam kesempatan tersebut, Tuti juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Bank BTN dan BTN Syariah atas support yang sangat luar biasa di acara ini. Selain itu, Tuti juga berterima kasih kepada kepada seluruh konsumen peserta akad kredit massal yang sudah memilih GCC 2 sebagai tempat tinggal, serta jajaran Arrayan Group.

“Semoga kolaborasi Arrayan Group dan Bank BTN terus terjalin semakin kuat dan bisa menggelar akad kredit seperti ini minimal tiga bulan sekali,” ungkap Tuti.

Terkait dampak situasi politik akibat pilpres terhadap permintaan rumah subsidi di Cikarang, menurut Tuti hampir tidak ada pengaruh di masyarakat. Pasalnya, rumah subsidi adalah kebutuhan primer bagi masyarakat bawah yang belum punya rumah. Kemudian backlog rumah juga masih tinggi, sehingga situasi politik hampir tidak berpengaruh pada permintaan rumah khususnya rumah subsidi.

Baca Juga: Grand Cikarang City 2 Lakukan Serah Terima 310 Rumah Subsidi di Blok K dan L

GCC 2 Jadi Perumahan Subsidi Siap Huni Paling Diminati

Perumahan Grand Cikarang City 2 (GCC 2) dikembangkan oleh Arrayan Group di lahan seluas 260 hektare. Hingga saat ini, pengembang telah melakukan serah terima sebanyak 5500 unit rumah, dimana 99% difasilitasi KPR BTN.

Sementara para penghuni yang telah menempati rumah mereka di GCC 2 adalah sebanyak 4.600 KK atau sekitar 85% terhuni. Tingkat hunian yang tinggi ini menunjukkan bahwa prospek kawasan perumahan GCC 2 ini juga sangat tinggi.

Arrayan Group Gelar Akad Kredit Massal Grand Cikarang City 2 GCC realestat.id dok
Bulan ini ada 540 unit rumah di Grand Cikarang City 2 yang harus diserahterimakan. (Foto: Istimewa)

Hal ini juga tidak lepas dari berbagai keunggulan perumahan ini. Selain berada di lokasi strategis, Jalan Nasional (Pantai Utara) yang menghubungkan Jakarta-Bekasi-Jawa Tengah-Jawa Timur, perumahan subsidi ini juga memiliki berbagai fasilitas.

Padahal mendapatkan rumah subsidi dengan fasilitas lengkap boleh dibilang sulit di Cikarang. “Bisa disebut rumah subsidi spesial dan istimewa karena belum ada di Bekasi rumah subsidi dengan konsep cluster,” ungkap Tuti.

Baca Juga: Grand Cikarang City 2 Gelar Serah Terima 251 Rumah Subsidi 'Siap Huni Tanpa Renovasi'

Dan lebih dari itu, konsep rumah subsidi GCC 2 adalah “Rumah Siap Huni Tanpa Renovasi”. Ini lantaran telah dilengkapi dinding belakang, meja dapur, carport dengan kualitas bangunan yang baik.

“Bahkan ada hunian subsidi yang berada dalam satu cluster, one gate dilengkapi CCTV, WIFI dan berjarak 100 meter dari pintu gerbang GCC 2,” kata Tuti.

Dengan beragam keunggulannya itu, tidak heran kalau Arrayan Group melalui proyeknya GCC 2 telah diapresiasi melalui berbagai ajang penghargaan bergengsi.

Seperti, sebagai perumahan terfavorit versi PUPR, dilihat dari banyaknya masyarakat yang datang ke aplikasi si Kumbang. Dan luar biasanya, GCC 2 juga dinobatkan sebagai "Gold Winner" untuk kategori "Affordable Housing" di ajang FIABCI Indonesia-REI Excellence Award 2023. Dengan penghargaan ini GCC 2 akan mewakili Indonesia di ajang Internasional pada Mei di Singapura.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Rumah Tipe C BIO District yang berada di kawasan BSD (Foto: Dok. CHL Group)
Rumah Tipe C BIO District yang berada di kawasan BSD (Foto: Dok. CHL Group)
Show Unit Apartemen The Belton Residence di kawasan Synthesis Huis. (Foto: Dok. Synthesis Development)
Show Unit Apartemen The Belton Residence di kawasan Synthesis Huis. (Foto: Dok. Synthesis Development)
New Matera Residences, Gading Serpong (Foto: Dok. Paramount Land)
New Matera Residences, Gading Serpong (Foto: Dok. Paramount Land)