5 Tips Merancang Dapur Minimalis Saat Ramadan

Selain area untuk memasak, dapur minimalis juga memiliki fungsi sebagai salah satu ruang komunal di rumah, terutama di bulan Ramadan.

Desain dapur minimalis (Foto: Pixabay.com)
Desain dapur minimalis (Foto: Pixabay.com)

RealEstat.id (Jakarta) – Merancang dapur berukuran minimalis memerlukan pertimbangan yang cermat. Meskipun terhalang ketersediaan ruang yang terbatas, desain dapur minimalis harus tetap mengakomodasi kebutuhan penghuni rumah, terutama di Bulan Ramadan seperti saat ini.

Pasalnya, selain area untuk memasak, dapur minimalis juga memiliki fungsi sebagai salah satu ruang komunal di rumah saat bulan Ramadan. Aktivitas dan interaksi di dapur akan semakin meningkat.

Berikut ini tips merancang dapur minimalis untuk Anda:

Utamakan kebutuhan fungsi
Rancangan dapur minimalis yang ideal menitikberatkan pada fungsi dan juga aksesibilitas penghuni rumah ketika berada di area tersebut.

Baca Juga: 4 Tips Menata Dapur Secara Lebih Efektif

Oleh karenanya, pada saat tahap perencanaan sebaiknya utamakan kebutuhan penghuni terhadap dapur tersebut, agar dapur minimalis lebih mudah diwujudkan.

Pertimbangkan pula fungsi lain dapur minimalis selain memasak. Mungkin Anda memerlukan juga ruangan itu difungsikan sebagai area pantry atau bahkan area santap bersama keluarga. Dengan memprioritaskan kebutuhan, akan menghasilkan desain dapur minimalis yang efektif.

Pilih Material Berkualitas
Ketika Anda ingin membuat dapur minimalis, perhatikan pula penggunaan material-nya. Dengan mengaplikasikan material bangunan berkualitas, Anda akan mendapatkan dapur yang berkualitas dan dapat bertahan lama, sehingga bisa menghemat dana untuk renovasi.

Baca Juga: Trik Dekorasi Ruang Makan dan Dapur Dalam Satu Area

Salah satu material yang perlu diperhatikan adalah penggunaan hardware furnitur, seperti engsel lemari kabinet yang bekerja sangat intens karena sering dibuka-tutup. Tidak ada salahnya untuk membeli engsel berkualitas, agar awet.

Aplikasikan Ukuran Standar Dapur
Pada saat membangun area dapur di rumah, terdapat sejumlah ukuran standar yang perlu diterapkan. Para ahli telah menentukan sejumlah ukuran standar untuk mendapatkan dapur minimalis yang ideal.

Pada kitchen set ukuran lebar kabinet minimal harus berjarak 30 cm dari dinding. Jarak antara kabinet atas dan bawah 90-100 cm. Kemudian, kabinet bawah perlu dibuat jarak lebih besar karena menjadi tumpuan area table top, paling tidak berukuran 60 cm.

Tata Dapur Secara Fleksibel
Agar nyaman saat digunakan, penataan dapur minimalis perlu disesuaikan dengan alur aktivitas yang dilakukan di area tersebut.

Baca Juga: Anda Hobi Memasak? Begini Merancang Dapur Minimalis Nan Fungsional

Umumnya, alur di dapur yang melibatkan komponen atau perangkat dapur tidak terlepas dari menyiapkan bahan masakan, memasak di area kompor, serta menghidangkan makanan. Disarankan membentuk layout segitiga, agar alur kerja berjalan lebih lancar dan fleksibel.

Rutin Merawat Dapur
Nah, ketika dapur minimalis sudah selesai dibuat, jangan lupa untuk selalu merawatnya. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihannya secara rutin setiap habis digunakan. Apabila terdapat kerusakan, di salah satu sisi maka segera atasi secepat mungkin.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Inspirasi desain home office impian. (Foto: bestar.ca)
Inspirasi desain home office impian. (Foto: bestar.ca)
Ilustrasi membersihkan rumah dengan efektif. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan rumah dengan efektif. (Foto: Shutterstock)
Dekorasi interior bernuansa gaya Maroko bisa menjadi salah satu pilihan ide menata ruangan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. (Foto: novocom.top)
Dekorasi interior bernuansa gaya Maroko bisa menjadi salah satu pilihan ide menata ruangan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. (Foto: novocom.top)