20 Rumah Warga Dusun Padende, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah Terima Program BSPS

Sejak 2016, sebanyak 29.414 rumah tidak layak huni di Sulawesi Tengah telah mendapatkan manfaat Program BSPS berupa bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya.

Foto: Dok. Kementerian PUPR.
Foto: Dok. Kementerian PUPR.

RealEstat.id (Sigi) – Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi II telah merampungkan pembangunan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Sulawesi Tengah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Salah satu lokasi program BSPS berada di Dusun II Desa Padende, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Di sini, tercatat sebanyak 20 kepala keluarga menjadi penerima bantuan program BSPS tahun anggaran 2022.

"Masyarakat yang memenuhi syarat dan layak akan mendapatkan bantuan program BSPS. Pemerintah memberikan dana stimulan Program BSPS senilai Rp20 juta diberikan pemerintah untuk pembelian bahan bangunan senilai Rp17,5 juta dan Rp2,5 juta untuk upah tukang," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto.

Baca Juga: Kementerian PUPR Tuntaskan Pembangunan Rusun Ponpes Nahdlatul Tholibin, Poso

Dia menambahkan, Program BSPS merupakan salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan hunian yang layak bagi masyarakat dengan memanfaatkan dana APBN.

Salah satunya dengan mendorong pelaksanaan Program BSPS, sehingga mampu meningkatkan kualitas rumah masyarakat yang sebelumnya tidak layak huni menjadi lebih layak huni.

Sementara itu, Kepala BP2P Sulawesi II, Bakhtiar didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Sulawesi Tengah, Erpika Ansela Surira menerangkan, sesuai data hasil pelaksanaan Program BSPS, sejak 2016 sebanyak 29.414 rumah tidak layak huni di Sulawesi Tengah telah mendapatkan manfaat dari Program BSPS berupa bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya.

Baca Juga: Kucurkan Rp6,97 Miliar, 1.141 Rumah Subsidi di Sulawesi Tengah Dapat Bantuan PSU

"Pada bulan Maret 2023, sesuai Surat Keputusan Dirjen Perumahan di Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 2.428 unit rumah akan mendapat bantuan dari Program BSPS. Jumlah tersebut masih akan bertambah karena proses verifikasi calon penerima bantuan saat ini masih berjalan," terangnya.

Penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan istilah bedah rumah ternyata sangat berdampak positif bagi masyarakat khususnya mereka yang berpenghasilan rendah dan tidak tetap.

Sejumlah masyarakat penerima program BSPS di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mengaku senang bisa tinggal di rumah yang layak huni. Salah seorang warga Desa Padende di Kabupaten Sigi, Masri (41 tahun).

Baca Juga: Rusun Mahasiswa Universitas Tadulako Senilai Rp11,97 Miliar Siap Dihuni

Masri mengaku, dia bersama 19 kepala keluarga lainnya yang tinggal di Dusun III Desa Padende mendapatkan bantuan peningkatan kualitas rumah swadaya dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR melalui program BSPS.Menurutnya, bantuan ini sangat berharga bagi masyarakat yang tidak punya pekerjaan dan penghasilan tetap.

"Dulu rumah kami sering bocor kalau musim hujan tiba dan dindingnya juga dari bahan seadanya. Tapi sejak dapat bantuan BSPS kami sekarang bisa memperbaiki rumah dengan bantuan stimulan dari pemerintah," katanya, Ahad (9/4/2023).

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Rumah Subsidi (Foto: Dok. BP Tapera)
Rumah Subsidi (Foto: Dok. BP Tapera)
Kawasan Komersial Villa Kencana Cikarang. (Foto: Arrayan Group)
Kawasan Komersial Villa Kencana Cikarang. (Foto: Arrayan Group)