Vokraf dan Rumah BUMN Helat Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM

Bekerja sama dengan Rumah BUMN, Vokraf menyelenggarakan UMKM GOL, yakni pelatihan digital marketing untuk para UMKM binaan.

Webinar Penutupan UMKM Gol.
Webinar Penutupan UMKM Gol.

RealEstat.id (Jakarta) - Dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM (usaha mikro kecil menengah), salah satu ujung tombak dari perekonomian Indonesia, Vokraf dan Rumah BUMN mengadakan pelatihan Digital Marketing untuk para UMKM binaan Rumah BUMN.

Dikenal dengan nama UMKM GOL (UMKM Go Online), program ini telah dimulai pada 16 Maret 2021 lalu dan didukung oleh Telkom, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, Bank BNI, dan Pertamina. 

Baca Juga: "Sharp Berdikari" Berikan Bantuan dan Pelatihan Bagi Pelaku UMKM

Program UMKM GOL merupakan perpaduan dari belajar mandiri dan webinar yang diisi oleh para ahli di bidangnya. Belajar mandiri terdiri dari video belajar, assignment, dan feedback expert melalui website Vokraf.com. Sedangkan untuk webinar, diisi dengan pemaparan materi dan QnA Live Session bersama para narasumber pilihan, seperti Marco PIM, Associate Strategic Planning Director Mirum Agency; Bening Rara, Strategic Planning Director Ogilvy; dan Muhammad Iqbal, Digital Strategist Gojek. 

Setelah dua bulan penuh mendampingi UMKM, pada 3 Mei 2021 Vokraf mengadakan webinar penutupan dari UMKM GOL, dimana acara ini dihadiri oleh Arya Sinulingga, Staf Khusus III Menteri BUMN dan Dwi Grahantio Baskoro, Chief Strategy Officer Vokraf.

“Program ini diikuti oleh 300 peserta dari 96 kota/kabupaten berbeda dari seluruh Indonesia. Di mana 77,5% peserta merupakan UMKM yang sudah berdiri di atas dua tahun,” jelas Dwi Grahantio Baskoro dalam kata sambutannya. 

Baca Juga: Potensi Tinggi, Ini 8 Alasan Properti Harus Dapat Stimulus dari Pemerintah!

Sementara itu, Arya Sinulingga menyatakan, pihaknya berharap ke depannya para peserta dapat terus konsisten dan terus berkonsultasi kepada Rumah BUMN, terutama pada empat daerah: Jawa Timur, Yogyakarta, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Timur yang dapat berkoordinasi dengan para CEO & CFO Rumah BUMN setempat terkait dengan perkembangan usaha, atau bahkan penambahan modal usaha.

“Saya berharap dengan belajar digital marketing dan mengaplikasikannya, mudah-mudahan UMKM bisa semakin berkembang. Teman-teman juga dapat bergabung dengan PADI UMKM untuk menjadi rekanan BUMN,” imbuhnya. 

Berbagai manfaat juga dirasakan oleh para peserta. Nani Kurniati, salah satu pemilik UMKM di daerah Jakarta menyatakan bahwa dirinya mendapatkan banyak sekali manfaat dari Program UMKM GOL. Dia pun mendorong Vokraf untuk terus melanjutkan program-programnya demi memajukan UMKM Indonesia untuk dampak yang lebih luas lagi.

Baca Juga: 5 Langkah Restrukturisasi Kredit Properti Akibat COVID-19

Sebagai informasi, Vokraf adalah platform edukasi online yang berfokus untuk meningkatkan talenta muda sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan oleh industri kreatif.

Didirikan pada bulan Mei 2019, Vokraf kini telah memiliki lebih dari 57 ribu pengguna yang tersebar di seluruh Indonesia dan 11 kelas berbeda yang berfokus pada bidang industri kreatif. Melalui Vokraf, para talenta muda dapat membuat portofolio yang berkualitas dengan dibimbing oleh para ahli di bidangnya. 

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Kegiatan Fuse Care di Bogor (Foto: Istimewa)
Kegiatan Fuse Care di Bogor (Foto: Istimewa)
Laba bersih Metland tumbuh ditopang oleh peningkatan pendapatan dari penjualan properti. Di sisi lain, MTLA juga terus melanjutkan pengembangan pada unit berjalan dengan menghadirkan produk-produk terbaru, seperti Metland Cikarang yang berkonsep Eco Living in Harmony. (Sumber: PT Metropolitan Land, Tbk)
Laba bersih Metland tumbuh ditopang oleh peningkatan pendapatan dari penjualan properti. Di sisi lain, MTLA juga terus melanjutkan pengembangan pada unit berjalan dengan menghadirkan produk-produk terbaru, seperti Metland Cikarang yang berkonsep Eco Living in Harmony. (Sumber: PT Metropolitan Land, Tbk)