Trik Mudah Wujudkan Kolam Ikan Minimalis Nan Indah di Rumah

Hadirnya kolam ikan di depan rumah tentunya akan memberikan efek sejuk nan menenangkan serta menambah keindahan tampilan hunian.

Inspirasi desain kolam ikan di rumah. (Foto: Interiorjogja.com)
Inspirasi desain kolam ikan di rumah. (Foto: Interiorjogja.com)

RealEstat.id (Jakarta) - Banyak hobi digandrungi masyarakat seiring dengan kemunculan pandemi Covid-19, yang membuat mereka harus menghabiskan waktu di rumah. Salah satunya adalah hobi memelihara ikan hias maupun ikan cupang.

Selain kudu paham bagaimana cara memelihara dan merawatnya, penggemar hobi ini pun harus memiliki kolam ikan di rumah yang berkualitas, sehingga akan membuat peliharaannya dapat hidup dengan baik.

Hadirnya kolam ikan di depan rumah tentunya akan memberikan efek sejuk nan menenangkan serta menambah keindahan tampilan hunian secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Kelebihan Bila Anda Menerapkan Desain Rumah Bergaya Minimalis

Banyak inspirasi desain kolam yang dapat diterapkan oleh pemilik rumah, contohnya saja kolam ikan minimalis.

Salah satu keunggulan jenis kolam ikan minimalis depan rumah adalah hanya membutuhkan sedikit komponen saja. Penataannya pun terbilang sederhana dan tidak memerlukan elemen kolam yang kompleks.

Terdapat beberapa trik yang harus diperhatikan jika ingin membuat desain kolam ikan hias bergaya minimalis. Simak ulasannya berikut ini ya.

Pondasi Dasar yang Kokoh
Lantai kolam minimalis haruslah dibuat kokoh dan tahan bocor. Gunakanlah teknik cor untuk membuat pondasi yang kokoh menggunakan campuran material semen, pasir, dan kerikil.

Baca Juga: Langkah Panen Air Hujan untuk Keperluan Rumah Tangga

Jangan lupa untuk memasang lubang pembuangan air di dasar kolam. Lubang tersebut digunakan untuk membuang air kotor ketika kolam dibersihkan dan dikuras.

Beri Perhatian Pada Dinding Kolam
Selain struktur dasar, dinding kolam ikan juga perlu diperhatikan ketahanannya. Agar mencegah kebocoran, pakailah campuran material cor yang sama dengan bagian lantai kolam.

Sistem Sirkulasi Air yang Mumpuni
Sirkulasi air pada kolam ikan turut pula memberi peranan penting. Dengan sirkulasi air yang baik, peliharaan ikan kesayangan akan hidup dengan sehat. Oleh karena itu, pasang pompa celup dan juga filter kolam ikan terbaik.

Baca Juga: Ragam Tanaman di Rumah yang Bisa Sejukan Suhu Ruangan

Sesuaikan kapasitas filter dengan volume air kolam minimalis. Untuk volume kolam minimalis sebesar 3 meter kubik, maka dibutuhkan filter dengan kapasitas 1 meter kubik.

Elemen Hijau Sebagai Unsur Dekoratif
Meskipun kolam ikan minimalis didesain sederhana, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias di sekitar kolam untuk menambahkan nilai estetika keindahan kolam.

Contohnya saja tanaman perdu, alang-alang yang tumbuh lurus cocok untuk menghiasi sisi kolam ikan minimalis di rumah Anda.

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)