Trik Menata Dapur Mungil Jadi Terasa Lebih Luas

Desainer spesialis dapur, Ruth Lavender memaparkan beberapa trik yang bisa dijadikan solusi menata dapur kecil jadi terasa lebih luas.

Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)
Menata dapur mungil (Foto: pixabay.com)

RealEstat.id (Jakarta) - The kitchen is the heart of the home. Demikian kata sebuah pepatah. Memang dapur memiliki peran penting dalam sebuah rumah. Namun, apa yang terjadi bila dapur berukuran kecil? Apa tips yang dapat dilakukan agar dapur mungil terasa luas?

Pada rumah-rumah kekinian yang memiliki luasan terbatas, dapur biasanya hanya cukup berisi kompor dan wastafel. Bahan makanan dan bumbu pun dapat ditaruh di tempat-tempat multifungsi.

Dikutip dari laman express.co.uk, desainer spesialis dapur, Ruth Lavender memaparkan beberapa trik yang bisa dijadikan solusi menata dapur sempit menjadi terasa lebih luas.

Baca Juga: 4 Tips Menata Dapur Secara Lebih Efektif

1. Pilih Cat Berwarna Terang
Cat berwarna terang tidak dipungkiri akan memberi kesan luas di ruangan manapun di dalam rumah Anda. Ini adalah teori yang sudah dibuktikan sejak dahulu kala.

Cat berwarna terang lebih baik dalam memantulkan cahaya, baik itu cahaya lampu maupun cahaya matahari. Sebaliknya, cat berwarna gelap justru cenderung menyerap cahaya, bukan memantulkannya.

Jika khawatir pengaplikasian warna terang akan membuat dapur Anda menjadi ruangan yang membosankan, Anda dapat memadupadankan dengan sedikit aksen warna gelap. Misal, Anda dapat memilih warna meja dapur yang lebih gelap jika dinding Anda berwarna terang. Atau sedikit nuansa gelap pada lantai keramik, bisa jadi pilihan lainnya.

Baca Juga: 5 Trik Agar Dapur Kesayangan Anda Bebas Bau Tak Sedap

2. Rapikan Peralatan Dapur
Tak dapat dipungkiri, dapur dengan peralatan yang berantakan atau tidak disimpan di tempatnya, akan membuat dapur terasa 'sumpek'. Sebisa mungkin, segeralah mencuci dan menyimpan kembali peralatan memasak Anda sesaat setelah selesai memasak.

Selain menyimpan peralatan di laci meja dapur, carilah sudut-sudut lain di dapur yang bisa dijadikan tempat penyimpanan. Misal, ruangan kosong antara dinding dengan kulkas. Atau ruangan kecil di antara langit-langit dapur dengan lemari.

Untuk dapur berukuran mungil, Anda dapat membuat rak estra di dinding, memperbanyak laci, atau menggunakan sisi di balik pintu.

Baca Juga: 9 Tips Menata Dapur yang Aman Bagi Anak

3. Penggabungan Fungsi Dua Benda
Masih berkaitan dengan tips nomor dua, yaitu memaksimalkan fungsi sebuah benda. Jika Anda sudah tidak memiliki sudut-sudut di dapur yang bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan, Anda bisa memanfaatkan benda lain untuk difungsikan sebagai tempat penyimpanan.

Contohnya, bangku atau stool di dapur selain bisa digunakan sebagai tempat duduk, juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Begitupun meja makan, bagian dalamnya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan memasak. Tentunya perlu dipilih juga peralatan apa yang disimpan di dalam meja makan, yaitu peralatan yang jarang Anda gunakan.

Baca Juga: Trik Dekorasi Ruang Makan dan Dapur Dalam Satu Area

Selain tiga tips dan trik tadi, sesungguhnya dapur dan juga ruangan lainnya akan jauh terasa lega jika barang-barang yang ada di dalamnya tersusun dengan baik. Maksudnya, peralatan tersebut harus menyesuaikan dengan pergerakan Anda.

Ruth menyarankan, jika bentuk dapur Anda memanjang, jangan meletakkan kompor di tengah dapur, sementara wastafel berada di ujung dalam ruangan dapur.

"Saat mendesain ulang dapur Anda, pertimbangkan bagaimana Anda bergerak di sekitar ruang Anda, karena ini akan membantu menentukan lokasi terbaik untuk peralatan dan lemari," terang Ruth.

Selamat menata ulang dapur kecil Anda!

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com/istimewa
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com