Tren Desain Interior 2021 Akan Diwarnai 5 Hal Menarik Ini

Hadirnya tren interior tak terlepas dari kondisi sosial dan budaya serta gaya hidup yang tengah terjadi di dalam masyarakat dunia.

Shabby Chic menjadi bagian yang mewarnai  tren desain interior 2021. (Foto: Decoist.com)
Shabby Chic menjadi bagian yang mewarnai tren desain interior 2021. (Foto: Decoist.com)

RealEstat.id (Jakarta) - Banyak orang mulai mencari tahu tren desain interior seperti apa yang akan terjadi dan menghiasi sepanjang tahun 2021.

Cara ini dilakukan agar pemilik rumah dapat dengan mudahnya mendapatkan ide dan inspirasi dekorasi terkini untuk hunian kesayanganya.

Pun akan sangat berguna pula bagi mereka yang berencana melakukan renovasi interior rumah, sehingga mendapatkan tata ruangan kekinian dan sesuai kebutuhan.

Hadirnya tren interior tak terlepas dari kondisi sosial dan budaya serta gaya hidup yang tengah terjadi di dalam masyarakat dunia. Banyak orang mengalami perubahan gaya hidup dan adaptasi selama tahun 2020 lalu, akibat kemunculan pandemi Covid-19.

Baca Juga: 5 Kelebihan Bila Anda Menerapkan Desain Rumah Bergay Minimalis

Kami mencoba mencari tahu tren desain rumah apa yang akan dicari banyak orang. Dilansir dari laman homesandgarden.com, 5 hal ini akan mewarnai tren desain interior tahun 2021.

1. Rumah Merangkap Kantor
Tak dipungkiri pagebluk Covid-19 yang belum mereda, menjadikan rumah kini sebagai pusat dari berbagai macam kegiatan.

Banyak perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah - Work From Home (WFH) sebagai tindakan antisipasi mencegah penularan Covid-19.

Menanggapi hal itu, Martin Waller, desainer dari konsultan Andrew Martin Design mengatakan rumah kantor (home-office) harus dirancang dengan mempertimbangkan kenyamanan bekerja dan mampu mendorong kreativitas pekerja selama bekerja dari rumah.

Baca Juga: Adaptasi Arsitektur Hijau Pada Bangunan dan Lingkungan Perkotaan

"Lampu meja adalah cara yang baik untuk menambahkan gaya pada sudut ruangan kerja, sekaligus memberikan pencahayaan spot yang nyaman untuk bekerja," jelas Martin.

2. Shabby Chic yang Tak Lekang
Tren abadi ini melambangkan keanggunan dan rasa kemewahan. Untuk menciptakan dekorasi Shabby Chic di rumah, coba padukan furnitur baru dengan perabot vintage yang Anda dapatkan di pasar antik.

Cari aksesori dekoratif seperti lampu gantung chandelier dan kaca cermin dengan frame jadul yang berkarakter tua.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah Sangat Sederhana Agar Tampil Menawan

Kemudian, pilih furnitur dan tekstil yang terasa hidup. Cat yang terkelupas, kain pudar, dan noda, semuanya menambah pesona.

3. Vintage Masih Jadi Primadona
Penggunaan barang antik atau perabot vintage masih menjadi salah satu primadona bagi tren interior saat ini.

Bila Anda ingin menggunakan ornamen dekorasi model ini tips-nya adalah bangun skema gaya vintage secara bertahap. Gunakan pendekatan less-is-more. Kunci dari pendekatan ini adalah memberikan banyak kontras.

Baca Juga: Trik Mudah Mengubah Interior Rumah Agar Tak Terasa Bosan

Pertahankan sisi unik dari barang vintage yang digunakan di ruangan. Lalu, tambahkan beberapa elemen mewah seperti kain yang kaya dan pencahayaan yang kuat untuk menciptakan kesan modern.

4. Warna Hangat
Dinginnya musim hujan saat ini memberikan alasan yang tepat untuk merasa nyaman. Cara terbaik untuk menghadirkan rasa nyaman tersebut adalah dengan memasukkan warna-warna hangat ke suatu ruangan.

Anda dapat menggunakan cat dinding ruangan dengan warna, seperti cokelat tanah, orange teracota atau biru laut.

Baca Juga: Ragam Tanaman di Rumah yang Bisa Sejukan Suhu Ruangan

Menurut pakar interior, tone warna tersebut dapat dikombinasikan dengan warna netral, semacam abu-abu dan putih, sehingga menambahkan kedalaman karakter pada interior.

5. Tanaman Hias
Merawat tanaman hias di rumah semakin menjadi aktivitas favorit semenjak awal pandemi. Banyak orang mendadak hobi memelihara aneka tanaman hias, seperti janda bolong yang bahkan harganya naik berkali-lipat.

Nah, fenomena ini diprediksi menjadi bagian dari tren desain interior 2021. Anda hanya perlu mengintip Pinterest dan Instagram untuk medapatkan ide dekorasi ruangan dengan tanaman hias.

Berbagai hal itulah yang diprediksi akan mengisi tren desain interior selama tahun 2021 ini dan menjadi refrensi pemilik rumah dalam mendekorasi hunian kesayangannya.

Berita Terkait

Webinar "Arsitektur Bali Tradisi dan Kekinian" yang diselenggarakan Kenari Djaja dan Asrinesia.
Webinar "Arsitektur Bali Tradisi dan Kekinian" yang diselenggarakan Kenari Djaja dan Asrinesia.
Webinar "Rumah Sehat Sebagai Kebutuhan Gaya Hidup" yang digelar Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM).
Webinar "Rumah Sehat Sebagai Kebutuhan Gaya Hidup" yang digelar Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM).
Dengan luas 390 meter persegi, OPPO Gallery yang terletak di Plaza Indonesia dirancang futuristik dan memadukan garis-garis seni kontemporer serta keindahan alam. (Foto: dok. OPPO Indonesia)
Dengan luas 390 meter persegi, OPPO Gallery yang terletak di Plaza Indonesia dirancang futuristik dan memadukan garis-garis seni kontemporer serta keindahan alam. (Foto: dok. OPPO Indonesia)