Tips Gelar Pesta Pernikahan di Rumah Saat Pandemi

Jika dilakukan dengan benar, pesta pernikahan di rumah bisa menjadi pengalaman yang luar biasa dan menelan biaya lebih murah bila dibandingkan di gedung.

tips menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah, dekorasi pesta pernikahan
Ilustrasi pesta pernikahan di rumah. (Foto: Instagram)

RealEstat.id (Jakarta) – Banyak pasangan calon pengantin terpaksa harus mengubah rencana pesta pernikahannya di tengah pandemi Covid-19, yang juga belum mereda.

Alih-alih menggelar pesta pernikahan secara meriah di gedung, berganti rencana dengan porsi yang lebih kecil dan intim, karena memperhitungkan faktor kesehatan dan kenyamanan.

Sejumlah gedung pernikahan di Jakarta juga belum bisa di buka dan digunakan untuk resepsi.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Agar Dana Renovasi Rumah Type 36 Tepat Sasaran

Kabar terkini menyebutkan bahwa Pemprov DKI Jakarta sedang mengkaji kemungkinan resepsi pernikahan di tengah pandemi. Hal itu harus dilakukan untuk mencegah virus corona semakin masif tersebar.

Namun, jangan dahulu kecewa, ya. Anda masih bisa menyelenggarakan pesta pernikahan impian di rumah, lho, meski juga harus memperhatikan protokol kesehatan.

Salah satu keunggulannya adalah biaya pesta pernikahan di rumah tergolong lebih murah apabila dibandingkan menyelenggarakannya di gedung pernikahan.

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Tinggal Era New Normal

Selain itu, jika dilakukan dengan benar, pesta pernikahan di rumah bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Berikut beberapa tips untuk menyelenggarakan pernikahan di rumah:

Tentukan Konsep Pesta
Pesta pernikahan di rumah biasanya tak lepas dari konsep tradisional. Namun, jika Anda ingin menggunakan konsep lain, sesuaikan dengan lokasi atau venue pesta tersebut.

Misalnya, bila rumah berada di tepi pantai, pertimbangkan pesta semi formal—bisa juga tanpa alas kaki—serta hiasan khas seperti perahu atau tiang-tiang obor.

Baca Juga: Cara Menghadirkan Kesan Lapang di Kamar Mandi Modern

Bila pernikahan diselenggarakan di rumah megah, konsep mewah bisa diaplikasikan, sementara di hunian sederhana, bisa memakai dekorasi yang simpel, namun berkesan.

Sewa Jasa Perencana Pernikahan
Pesta pernikahan di rumah adalah pekerjaan yang sangat merepotkan. Anda harus mencari penyedia jasa katering, tenda dan dekorasi pesta, serta musisi pengisi acara.

Untuk mengurangi stres, ada baiknya Anda menyewa jasa wedding organizer terpercaya. Tentunya, Anda harus mengeluarkan bujet ekstra.

Jangan Lupa Perizinan
Pesta pernikahan yang mengundang tamu, umumnya mendatangkan keramaian—bahkan kebisingan. Untuk itu, urus perizinan kepada para pejabat di lingkungan Anda sebelum menyelenggarakan pesta. Di beberapa tempat, penyelenggara juga perlu mengurus izin keramaian di kepolisian.

Baca Juga: Ragam Tanaman di Rumah yang Bisa Sejukan Suhu Ruangan

Izin Tetangga
Pastikan Anda meminta izin ke tetangga bahwa Anda akan mengadakan pernikahan di rumah. Usahakan acara Anda tidak mengganggu ketenteraman tetangga.

Sediakan Toilet Portabel
Secara umum, setiap 35 orang tamu harus disediakan setidaknya satu toilet. Tidak semua rumah mampu menyediakan fasilitas ini. Untuk itu, ada baiknya Anda menyewa jasa toilet portabel.

Fasilitas buang hajat ini tersedia mulai dari yang sederhana, hingga yang dilengkapi dengan AC, air panas, wastafel, lampu, dan cermin.

Perhatikan Pula Transportasi
Satu hal yang penting pertimbangan adalah bagaimana para tamu sampai di lokasi resepsi. Bila memungkinkan, mempertimbangkan kendaraan antar-jemput dari lokasi strategis.