Tips Feng Shui: Manfaat Ruangan Monokrom Hitam-Putih Bagi Kesehatan Jantung

Dipandang dari sisi feng shui, perpaduan warna hitam-putih dalam ruangan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama jantung dan tekanan darah.

Foto: Freepik.com
Foto: Freepik.com

RealEstat.id (Jakarta) - Kombinasi warna monokrom hitam-putih banyak menjadi pilihan dalam mendesain ruangan, bahkan rumah. Pasalnya, perpaduan warna hitam dan putih dinilai tak lekang oleh waktu. Dipandang dari sisi feng shui, perpaduan warna hitam-putih dalam ruangan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Ruangan yang sering menggunakan perpaduan warna hitam-putih adalah kamar tidur, karena warna monokrom mampu menciptakan efek tenang dan nyaman. Tentu saja warna hitam tidak bisa seluruhnya dipergunakan pada interior kamar tidur, sebab warna hitam yang terlalu dominan akan membuat ruangan menjadi suram.

Baca Juga: Tips Renovasi Rumah Menggunakan Teori Feng Shui

Dalam ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, jantung dilambangkan dengan Api. Dengan demikian, orang yang mudah mendapat gangguan jantung, umumnya dilahirkan saat musim dingin, yaitu antara November, Desember, dan Januari. Logikanya: nuansa Air “mengepung” Api (jantung).

Lantas, bagaimana dengan orang-orang yang dilahirkan pada musim panas: Mei, Juni, dan Juli? Mereka ini cenderung memiliki tekanan darah tinggi.

Untuk itu, ilmu feng shui banyak digunakan untuk memberikan keseimbangan pada energi tubuh dengan energi lingkungan. Dalam hal ini lingkungan buatan seperti rumah, tempat tinggal, dan kantor. 

Baca Juga: Tips Menata Ruang Kerja di Rumah dan Kantor Sesuai Feng Shui

Lingkungan buatan yang paling sering ditempati adalah kamar tidur. Maka, kita mulai dengan memerhatikan kamar tidur.

Kamar tidur merupakan ruangan yang mempunyai fungsi sangat penting bagi manusia. Dengan istirahat dan tidur, maka manusia memeroleh kesegaran kembali setelah melakukan aktivitas. Saat beristirahat juga seluruh organ badan rileks dan lebih mudah menerima pengaruh dari aura lingkungan—dalam feng shui disebut energi Qi (Chi).

Unsur Air dan Logam
Terkait gangguan tekanan darah tinggi, energi Qi yang cocok adalah mengontrol energi Api yang berlebihan, yaitu dengan energi Air.

Dalam feng shui, energi Qi dari Air diciptakan oleh warna-warna hitam dan biru tua (gelap).  Jika Anda menyukai warna hitam, maka kombinasi hitam dan putih menjadi tema yang tepat untuk kamar tidur Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Tips Feng Shui Rumah Bagi Anak-anak dan Balita

Tentu saja warna hitam tidak bisa seluruhnya dipergunakan pada interior kamar tidur. Pasalnya, warna hitam yang terlalu dominan akan membuat ruangan menjadi suram. Oleh karena itu, warna hitam perlu dipadu dengan warna putih.

Putih adalah simbol elemen Logam. Logam menghasilkan Air, karena itu perpaduan hitam-putih dalam ruangan sangat kuat nuansa Air yang ditimbulkan.

Bagi mereka yang menyukai warna hitam, bisa menggunakan warna tersebut sebagai warna lantai dan seprai tempat tidur. 

Untuk mendapatkan keharmonisan bentuk, bisa memadukan antara bentuk bulatan (simbol langit) dengan bentuk matras kasur kotak/bujur sangkar (simbol bumi).

Baca Juga: Tips Rumah Ideal Bagi Pasangan Muda Menurut Feng Shui

Bagi Anda yang lebih menyukai warna putih, maka warna hitam bisa diposisikan pada komponen vertikal, seperti untuk dinding dan kepala ranjang, sedangkan untuk komponen horisontal digunakan warna-warna putih. Dengan demikian, solusi desain bisa lebih cerah saat Anda beristirahat (Lihat Foto Utama).

Sementara, bagi Anda yang menginginkan warna-warna lebih dinamis, pergunakan warna krem untuk lantai, serta motif wallpaper pada bagian dinding kepala ranjang. Pasalnya, warna hitam-putih mudah dikombinasikan dengan tone warna lain yang lebih cerah atau bahkan motif tanpa membuat ruangan terlihat ‘ramai’.

Semoga tips feng shui ruangan bernuansa hitam-putih ini bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo, Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RealEstat.id.

Berita Terkait

Foto: Pok. Pixabay.com
Foto: Pok. Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com