Tips Efektif Membuat dan Memasang Iklan Properti

Membuat dan memasang iklan properti harus dilakukan secara efektif dan tepat sasaran, sehingga mampu menarik minat calon pembeli potensial.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) – Memasang iklan atau listing adalah salah satu strategi paling penting dalam menjual properti, baik berupa rumah, apartemen, atau kios dan ruko. Agar iklan properti dapat dilirik calon pembeli potensial, Anda sebagai penjual harus membuatnya secara efektif dan tepat sasaran.

Agar sukses memasarkan properti Anda, simak beberapa tips membuat dan memasang iklan properti:

Konsep Menarik
Konsep iklan properti yang menarik memerlukan proses kreatif yang patut dipikirkan masak-masak. Upayakan agar konsep iklan Anda efektif, sehingga menarik minat orang untuk melakukan kunjungan. Anda dapat melakukan trik ATM (amati, tiru, modifikasi) dari iklan-iklan properti yang ada di berbagai media.

Baca Juga: 3 Cara Pembayaran Rumah dan Tips Memilihnya

Lakukan Riset
Untuk mengetahui bagaimana cara membuat dan memasang iklan properti yang efektif, lakukan riset dan membaca iklan-iklan properti lainnya sebagai rujukan. Jika ada iklan yang menarik, pelajari dan coba serap tekniknya. Pilihan kata, jumlah kata, pilihan gambar, struktur, tata letak, atau bahkan tanda baca juga berpengaruh.

Ciri Fisik dan Fasilitas
Buat daftar yang berisi semua ciri-ciri fisik, fasilitas, dan kelengkapan rumah Anda. Beri tanda yang menarik dan gunakanlah untuk mulai merangkai iklan. Kemudian, bayangkan struktur iklan Anda dan visualisasikan konsep sejelas mungkin.

Baca Juga: 4 Tips Membeli Rumah Tanpa Masalah Bagi Pembeli Pemula

Informasi Harus Jelas
Informasi dasar biasanya mencakup lokasi, jumlah kamar dan kamar mandi, luas tanah/luas bangunan, dan harga permintaan. Setelah itu, tambahkan ciri-ciri fisik, fasilitas, dan kondisi rumah. Jangan lupa menyertakan kontak (nomor telepon, alamat email, atau situs) Anda. Idealnya, panjang deskripsi maksimal 100 kata.

Foto yang Menarik

Perlu diingat, masyarakat Indonesia berbudaya visual, sehingga pemilihan gambar atau foto di iklan properti sangatlah efektif untuk menarik minat calon pembeli. Gunakan gambar yang jelas, tidak blur, bersih, dengan menunjukkan sisi terbaik properti tersebut. Tonjolkan pula ciri khas properti yang membedakan iklan Anda dengan iklan properti lain.

Baca Juga: 3 Tips Menyewakan Rumah Melalui Iklan Online

Opini Pihak Kedua
Sebelum menayangkan iklan tersebut, mintalah second opinion atau masukan dari teman maupun saudara. Gunakan masukan tersebut untuk memperbaiki mutu iklan properti Anda.

Pertimbangkan Dana
Untuk memasang iklan properti di media mainstream, mungkin Anda perlu menyiapkan dana sedikit lebih banyak. Pertimbangkan media-media alternatif yang bisa Anda gunakan untuk memasang iklan properti dengan harga yang terjangkau—bahkan gratis—namun efektif, misalnya portal properti daring, media sosial, atau bahkan WhatsApp Group.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)