Tinggal di Pondok Mertua Indah, Jangan Lakukan Hal Ini!

Jika keadaan memaksa untuk menunda memiliki sebuah rumah sendiri dan harus tinggal bersama orang tua maupun mertua, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com

RealEstat.id (Jakarta) - Tinggal satu rumah dengan orang tua atau mertua biasanya jadi pilihan terakhir bagi pasangan yang baru menikah. Tidak dipungkiri, terkadang hidup satu atap dengan mertua membuat kurang nyaman, terutama dalam berkomunikasi. Bagaimana agar kehidupan kita tetap nyaman dan komunikasi tetap terjaga di rumah mertua?

Sebagai sebuah keluarga baru, tentu kita ingin mewujudkan impian masa kecil kita terkait tempat tinggal. Akan tetapi, jika kemudian keadaan memaksa kita untuk menunda memiliki sebuah rumah sendiri, dan tinggal bersama orang tua maupun mertua, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Tips Rumah Ideal Bagi Pasangan Muda Menurut Feng Shui

Berikut tips agar dapat hidup tenang dan nyaman bersama orang tua setelah menikah.

Hormati Orang Tua
Pahamilah, sebagai orang tua, usia mereka pasti lebih tua dari kita. Mereka sudah melewati lebih banyak pengalaman dan fase kehidupan. Selain itu, sadari juga bahwa perbedaan pola asuh dan perbedaan zaman, akan membuat pola pikir kita dan orang tua berbeda.

Menghargai dan menghormati orang tua hendaknya melalui tata bahasa dan sikap. Selain itu, kita juga bisa membuat beberapa batasan topik yang ingin dihindari. Misalnya pernikahan atau gaji yang mungkin merupakan hal yang sensitif bagi sebagian orang.

Jika mendapatkan beberapa topik bahasan ini, kita bisa menolaknya atau menghindari topiknya dengan menggunakan kalimat seperti, “doain aja ya, Ma,” atau “semoga yang baik-baik aja yang terjadi ya, Pa,”

Baca Juga: 16 Tips Memilih dan Membeli Apartemen Bagi Pemula dan Generasi Milenial

Gunakan Kalimat Asertif
Asertif adalah sikap mampu berkomunikasi dengan jujur dan tegas, namun tetap menghargai dan menjaga perasaan orang lain. Sikap ini, yang diwujudkan dalam kalimat, digunakan untuk menyampaikan pendapat kita atas hal yang disampaikan orang tua. Meski tidak mudah, tetapi hal ini bisa dipelajari.

Kontrol Diri Sendiri
Hal yang penting untuk diperhatikan agar tetap bisa hidup berdampingan dengan orang tua adalah mengontrol diri sendiri. Tidak semua hal perlu kita bagi dengan orang tua. Dengan kata lain, jangan curhat berlebihan tentang keluarga kecil kita kepada orang tua.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Bagi Anda yang Tinggal di Rumah Mertua

Jangan Malas
Selelah apapun kita saat baru pulang kerja, jangan langsung tiduran di kamar. Sempatkan waktu untuk bercengrama dengan orang tua. Karena yang mereka butuhkan di usia mereka saat ini adalah teman bercerita.

Itulah beberapa tips yang bisa kita coba lakukan agar bisa hidup selaras dan harmonis bersama orang tua. Hal itu sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Isra 23 - 24, tentang keutamaan berperilaku baik terhadap orang tua.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com
Foto: Dok. Pixabay.com
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com