Tiket.com Kolaborasi dengan Kemenpar RI Dorong Pariwisata Berkelanjutan

Sejak empat tahun terakhir, tiket.com dan Kemenpar RI telah menjalin kerja sama melalui berbagai program strategis untuk dukung pariwisata berkelanjutan.

Ki-ka" - Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Wakil Menteri Pariwisata (Wamenpar) RI, dan Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com. (Sumber: Istimewa)
Ki-ka" - Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Wakil Menteri Pariwisata (Wamenpar) RI, dan Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com. (Sumber: Istimewa)

RealEstat.id (Jakarta) - Perusahaan online travel agent (OTA), tiket.com kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI untuk mendorong pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan.

Pertemuan antara tiket.com bersama jajaran baru Kemenpar RI menjadi langkah awal untuk menyelaraskan strategi serta merancang inisiatif kolaboratif sepanjang tahun 2025.

Dalam keterangan resmi yang dikutip Senin (26/05/2025), Wakil Menteri Pariwisata (Wamenpar) RI, Ni Luh Puspa menyampaikan sinergi ini menjadi kunci dalam mempercepat transformasi sektor pariwisata.

Baca Juga: Tiket.com Gandeng DANA Hadirkan Kemudahan Pembayaran Digital dalam Satu Platform

Terutama, dalam memperluas akses digital pelaku pariwisata, mendorong kunjungan wisatawan domestik, serta mempromosikan desa wisata dan festival budaya daerah.

Tren pariwisata di Indonesia saat ini, imbuh Ni Luh Puspa, telah bergeser.

Para wisatawan semakin mencari pengalaman yang bermakna dan berdampak positif terhadap lingkungan serta masyarakat lokal.

"Kami menekankan pentingnya konsep quality dan sustainable tourism yang tak hanya mengejar kuantitas kunjungan, tetapi juga nilai dan kualitas dari pengalaman wisata itu sendiri," kata Wamenpar.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Tempat Wisata di Malang yang Lagi Hits, Destinasi Liburan Seru Bareng Keluarga!

Komitmen Bersama untuk Pariwisata Berkelanjutan

Sejak empat tahun terakhir, tiket.com dan Kemenpar RI telah menjalin kerja sama yang kuat melalui berbagai program strategis.

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa berujar perusahaannya berkomitmen melanjutkan peran sebagai mitra strategis dalam mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan.

"Kesamaan visi terhadap pentingnya pariwisata yang bertanggung jawab menjadi landasan utama sinergi ini," tambah Gaery Undarsa.

Saat ini menurut dia fokus wisatawan tidak hanya pada pengalaman tempat wisata yang menarik, tetapi juga pada dampak jangka panjang terhadap lingkungan dan masyarakat.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Populer 2025, Destinasi Terbaik untuk Liburan!

Baik tiket.com dan Kemenpar RI melihat tren tersebut sebagai potensi untuk mempercepat transformasi sektor pariwisata, menuju arah yang lebih bertanggung jawab serta lestari.

Untuk mendukung akselarasi tersebut, perusahaan OTA pertama di Indonesia ini menghadirkan sejumlah program.

Misalnya, inisiatif tiket Green yang memberikan kemudahan bagi wisatawan dalam memilih akomodasi yang telah menerapkan praktik ramah lingkungan.

Baca Juga: Wujudkan Liburan Murah di Tahun 2025 bersama Online Tiket Week (OTW)

Komitmen terhadap keberlanjutan juga diwujudkan melalui program Jagoan Pariwisata, yang merupakan bagian dari inisiatif ESG tiket.com.

"Jagoan Pariwisata telah mendampingi lebih dari 205 usaha lokal di 15 desa wisata," terang Gaery Undarsa.

"Program ini sejalan dengan target Kemenpar RI dalam mengembangkan desa wisata sebagai pilar penting pariwisata berkelanjutan," tandas dia.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.
Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.
Obelix Sea View bisa jadi salah satu pilihan tempat wisata bila liburan di Yogyakarta. (Sumber: Obelix Sea View)
Obelix Sea View bisa jadi salah satu pilihan tempat wisata bila liburan di Yogyakarta. (Sumber: Obelix Sea View)