RealEstat.id (Jakarta) - PT Bank Tabungan Negara Tbk atau BTN merilis logo baru, pada Ahad (03/03/2024), yang menggambarkan komitmen perseroan dalam melanjutkan transformasi bank modern dan adaptif.
Dirilisnya logo baru BTN ini merupakan bagian dari rebranding saat perseroan memasuki usianya yang ke-74 tahun.
Hadir dalam peluncuran logo yang digelar di BTN Anniversary Festival 2024 di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Dalam kata sambutannya, Erick Thohir mengatakan BTN harus mampu menjadi tumpuan dalam solusi pembiayaan perumahan bagi masyarakat.
Baca Juga: Begini Cara Atasi Backlog Perumahan Menurut Kementerian PUPR
Sebab, angka backlog perumahan di Indonesia masih bertengger diangka 12,7 juta unit.
"Nafas logo baru ini harus benar-benar dimaknai oleh seluruh BTNers, dalam rangka menciptakan solusi bagi backlog perumahan kita," kata Erick.
Sementara itu, Basuki Hadimuljono menambahkan logo merupakan bentuk tanggung jawab dan kredibilitas bagi sebuah organisasi, sehingga BTN harus menjaga simbol tersebut.
"BTN harus menjadi bank untuk rumah masyarakat," ujar Basuki.
Baca Juga: Backlog Perumahan Jalan di Tempat, Panangian Simanungkalit Beberkan Sejumlah Strategi
Refleksi Transformasi Perseroan
Tak hanya sekedar desain saja, diubahnya logo Bank Tabungan Negara juga menjadi refleksi transformasi perseroan untuk menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025 mendatang.
Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan bahwa transformasi perusahaan meliputi layanan perbankan digital yang akan semakin didorong inovasinya.
Melalui transformasinya, Bank BTN juga ingin memantapkan posisinya sebagai lembaga keuangan visioner yang konsisten berkembang secara progresif.
Baca Juga: Bank BTN Optimistis Sektor Properti Tanah Air Makin Prospektif di 2024
“Dengan terus menciptakan inovasi dan solusi melalui ekosistem perumahan, BTN memposisikan dirinya sebagai bank yang melayani lebih dari KPR,” kata Nixon.
Makna Logo Baru BTN
Diubahnya logo BTN ini juga sekaligus menjadi simbol perubahan budaya dan integritas kerja yang lebih segar di dalam perusahaan.
"Logo baru BTN memiliki bentuk tulisan yang menyimbolkan optimisme dan dinamis untuk menggambarkan bank yang modern dan relevan dengan perkembangan zaman," terang Nixon.
Nixon L.P. Napitupulu menjelaskan lebih lanjut, perseroan menggunakan huruf kecil pada logo BTN.
Baca Juga: Penetrasi KPR BTN dan Mimpi Indah Keluarga Pekerja Sektor Informal
Hal ini melambangkan bank yang memahami kebutuhan nasabah, berpartisipasi aktif, dan membantu mencapai tujuan hidup nasabah.
Garis merah di atas tulisan “btn” menyimbolkan visi Bank yang progresif dan terus melangkah maju.
Sedangkan warna logo BTN yakni Dynamic Blue, mewakili bank yang inovatif dan dinamis dalam membangun ekosistem keuangan yang dan andal.
Adapun warna Stabilitas Merah mencerminkan kekuatan dan ketahanan institusi, yang dibangun melalui pengalam berharga selama bertahun-tahun.
Baca Juga: Gandeng BP Tapera, BTN Syariah Fasilitasi Pembiayaan Rumah Bagi Warga Muhammadiyah
Menurut dia, wajah baru ini diperlukan untuk mendukung pertumbuhan core business Bank BTN sebagai bank terkemuka dalam pembiayaan perumahan secara berkelanjutan.
"Dengan logo baru di usianya yang ke-74, BTN akan menjadi one stop financial solution, tidak hanya dalam hal pembiayaan perumahan tapi juga beyond mortgage,” tandas Nixon Napitupulu.
Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News