RealEstat.id (Jakarta) – The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) on October 2024 resmi dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki.
Pameran yang sudah terselenggara selama lebih dari dua dekade ini telah menjadi wujud nyata dari implementasi perkembangan dunia kerajinan kawasan Asia Tenggara dan Internasional.
Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, dalam perjalanannya pada tahun 2022, INACRAFT memiliki sister event bertajuk INACRAFT On October.
Untuk para pencinta produk craft dan fashion, INACRAFT on October Vol.3 diselenggarakan selama lima hari pada tanggal 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) dengan menggunakan seluruh hall.
Pada Edisi Ketiga ini, INACRAFT on October lebih memantapkan konsep YOUTHPRENEURS sebagai bentuk komitmen dan perhatian ASEPHI pada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya.
Baca Juga: Bantu Entrepreneur Muda, INACRAFT On October 2024 Digelar di JCC
"Pameran Inacraft on October mencoba keluar dari pakem yang masif dan konvensional. Kami mencoba terobosan konsep kevisual dengan segment memfasiltasi generasi Z," kata Ketua Umum BPP ASEPHI, Muchsin Ridjan menjelaskan.
Tahap ini INACRAFT mencoba di 25% luas area total peserta. Total booth yang dibangun sebanyak 897 booth terdiri dari 27 BUMN, 4 Kementerian, 80 dinas, 785 individu.
"Kami juga mengkombinasikan kuliner dan handicraft dalam format bertajuk Talam Inacraft Tasty Indonesia yang diisi 71 booth peserta di 2 area yaitu Mezzanine dan Hall B,” ucapnya.
Muchsin Ridjan menambahkan, Pameran Inacraft on October menargetkan 100.000 pengunjung dengan target transaksi retail sebesar Rp5 miliar dengan kontak dagang diharapkan mencapai USD1 juta.
Ragam produk yag dipamerkan berasal dari 7 kategori bahanbaku (keramik, serat alam, logam, batu-batuan, tekstil, kayu dan bahan lainnya) mulai dari batik, tradisional tekstil, muslimfashion, tenun, songket, embroidery, home décor, jewelry, accessories, households, decorative items, travel goods, gifts &miscellaneous craft.
Baca Juga: INACRAFT 2024: Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Eksportir Kerajinan Tangan Terbesar di Dunia
Dengan hadirnya Pameran Inacraft, ASEPHI berusaha maksimal memperjuangkan harkat martabat dan kebangkitanUMKM dari sejak pandemi hingga sekarang. Salah satu yang menjadi sorotan ASEPHI adalah transformasi digital.
“ASEPHI juga mendukung langkah-langkah dan upaya yang dilakukanoeh pemerintah yakni Kemneterian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam rangkamelindungi UMKM agar tetap eksis dan berkembang di dalamnegeri dan luar negeri,” ujar Muchsin Ridjan.
INACRAFT On October Vol.3 tahun ini mengangkat tema “Youthpreneurs, Make It At Market” dengan tagline “Totally Different”.
Berbeda dengan INACRAFT sebelumnya, kali ini ASEPHI melakukan kurasi peserta pameran yang lebih ketat melalui pembagian zona berdasarkan jenis produk (zoning product).
Dalam hal tersebut ASEPHI berharap akan memudahkan pembeli/buyers dalam mencari produk-produk berkualitas di area pameran.
Baca Juga: Penyelenggara Pameran Inacraft 2024 Bidik Target Transaksi Rp100 Miliar
Terdapat 8 Zoning Area dimulai dari area Main Lobby yang menjadi pusat area ikon INACRAFT on October Vol.3 yaitu Youthpreneur & Craft, serta beberapa homedecor dan houseware.
Sementara untuk hall lainnya, seperti Assembly Hall akan dipadati oleh perhiasan dan aksesoris, beranjak ke Cendrawasih Hall yang menyajikan beragam kain seperti tenun, ikat, songket, dan kombinasi dari beberapa kain lainnya.
Setelah itu pada Hall A & Promenade dipenuhi oleh berbagai macam batik dari seluruh nusantara, berbeda dengan Lobby Hall A yang akan diisi oleh berbagai produk dan fasilitas dari para sponsor yang telah ikut berpartisipasi.
Beralih ke Hall B dan Lobby Hall B, pengunjung akan menemui berbagai jenis kombinasi produk, seperti batik, tas, dan kebaya.
Pada Plenary dan Connecting Plenary akan menyajikan miscellaneous craft, seperti gifts products, homeliving, serta decorative items.
Baca Juga: Bank BNI Ajak UMKM Go Global di Ajang Inacraft On October 2023
Tak ketinggalan pula pada hall ini, terdapat area Main Stage yang merupakan pusat acara INACRAFT on October Vol.3.
Pada area terakhir khusus F&B, terdapat Talam yang akan menyuguhkan beragam makanan & minuman dengan sentuhan cita rasa Indonesia akan berlokasi di Mezzanine dan Hall B.
Selain adanya zoning, INACRAFT kali ini juga menghadirkan berbagai kegiatan pendukung (Insight Program), dirancang secara khusus untuk Gen-Z yang ingin mendalami dunia kerajinan dan seni budaya, sekaligus memperluas peluang bisnis dan jaringan pasar.
Pada tahun ini, terdapat beberapa Insight Program, diantaranya adalah INACRAFT Model Hunt (Kids & Teenagers), Young Fashion Design Competition, Fashion Show, Youthpreneurs (Main Lobby Icon), Cultural Performances, Craft Talks & Workshop, serta INACRAFT Appreciation Night.
INACRAFT Appreciation Night akan memberian penghargaan kepada para perajin/artisan pendatang baru (termasuk non-anggota ASEPHI) untuk memperkenalkan karyanya yang memiliki potensi pasar menjanjikan di masa depan, serta menjadi inspirasi bagi pengusaha muda pelaku kreatif untuk keberlangsungan tradisi dan budaya Indonesia di industri kerajinan.
Baca Juga: Dibuka Presiden Jokowi, Inacraft On October 2023 Angkat Tema 'From Smart Village to Global Market'
Terdapat beberapa kategori penghargaan yang diberikan pada INACRAFT kali ini seperti INACRAFT Emerging & Youthpreneurs, Best Model Hunt (Kids & Teenagers), Best Young Fashion Design Competition, Best Booth (Individu & Dinas/UMKM), Delicious Talam, dan penghargaan khusus Apresiasi Penjualan Komitmen (APK) Award kepada BPD/BPC ASEPHI terbaik.
Secara teknis, INACRAFT on October akan menempati seluruh areal Balai Sidang Jakarta Convention Center seluas 23.000 m2 dengan total peserta keseluruhan 897 stand.
Total peserta Individu/Anggota ASEPHI sebanyak 784 peserta, sementara untuk peserta Dinas sebanyak 80 stand, Kementerian/BUMN sebanyak 27 stand, dan peserta dari Luar Negeri sebanyak 6 stand.
Terdapat juga 1 ikon dengan 20 island yang diisi oleh Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) & Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kemendag, PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pertamina, dan lainnya.
Selain itu, terdapat peserta Non Anggota sebanyak 96 peserta dan Talam INACRAFT sebanyak 71 peserta. Mempertimbangkan situasi ekonomi nasional dan dunia saat ini, panitia tetap optimis dan menargetkan 100.000 pengunjung dan buyer dari luar negeri sebanyak 500 visitors, serta menetapkan target transaksi retail sebesar Rp100 miliar dengan kontrak dagang diharapkan mencapai USD1,2 juta.
Baca Juga: Targetkan 100.000 Pengunjung, INACRAFT on October Bidik Transaksi Rp50 Miliar
INACRAFT On October 2024 akan turut dihadiri oleh President World Craft Council International & WCC Asia Pacific Regions karena ASEPHI merupakan National Entity Member dari Organisasi Kerajinan Dunia tersebut.
INACRAFT On October tahun 2024 didukung oleh Bank Negara Indonesia (BNI), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pos Indonesia, Canva, Tokopedia, dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) sebagai sponsor.
Untuk menunjang fasilitas pendukung, INACRAFT juga bekerjasama dengan Official Partner seperti Big Bird sebagai Official Shuttle Partner.
Bekerja sama pula dengan Margo City Depok, Emporium Mall Pluit, Grand Metropolitan Bekasi, dan Summarecon Mall Serpong sebagai Official Mall Partner untuk menunjang beberapa titik shuttle pada wilayah seputar Jakarta.
Official Hotel Partner yaitu Hotel Sultan, Artotel Gelora Senayan, Mangkuluhur Artotel Suites, dan Somerset Sudirman.
Fasilitas penting lainnya adalah Official Hospital Partner dengan RS. Mitra Keluarga yang akan menyediakan tenaga medis untuk penanganan darurat selama pameran.
Baca Juga: Hadirkan 1.200 Booth, INACRAFT 2023 Targetkan Nilai Transaksi Sebesar Rp145 Miliar
Sementara untuk menunjang INACRAFT Model Hunt, turut pula bekerjasama dengan Sariayu Martha Tilaar sebagai Official Make Up Partner.
Terdapat pula Official Digital Out-Of-Home Partner yaitu Alternative Media Group (AMG), Official Travel Partner yaitu Book Cabin, dan Official Ticket Partner yaitu Divisi 4.
Pameran INACRAFT on October Vol.3 tahun 2024 dibuka untuk umum dari pukul 10:00 s.d. 22:00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp25.000.
Pengunjung dapat membeli tiket dengan melakukan pre-registration pada website official INACRAFT yaitu inacraft.co.id atau inacraftoktober2024.com. Pengunjung juga dapat membeli tiket secara langsung pada ticket box yang berlokasi di venue pameran.
Informasi dan agenda kegiatan dapat dilihat di laman digital www.inacraft.co.id, serta akun official media sosial INACRAFT di Facebook, Instagram dan Tiktok @weareinacraft serta Channel Youtube We Are INACRAFT.
Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News