Peringati Hari Bumi, FamilyMart Luncurkan Kampanye 'Satu Kopi, Satu Aksi'

Kampanye Satu Kopi, Satu Aksi menjadi langkah awal FamilyMart dalam mengajak pelanggan turut serta menjaga lingkungan melalui aksi nyata.

Gandeng Pandawara, FamilyMart bestur Program Satu Kopi Satu Aksi (Foto: Istimewa)
Gandeng Pandawara, FamilyMart bestur Program Satu Kopi Satu Aksi (Foto: Istimewa)

RealEstat.id (Jakarta) – Dalam rangka memperingati Hari Bumi, PT Fajar Mitra Indah melalui FamilyMart Indonesia, meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “Satu Kopi, Satu Aksi.”

Perusahaan ritel modern asal Jepang yang berada di bawah naungan Wings Group ini menghelat Program 'Satu Kopi, Satu Aksi' mulai 22 April 2025, bertepatan dengan Hari Bumi.

Kampanye ini menjadi langkah awal FamilyMart dalam mengajak pelanggan untuk turut serta menjaga lingkungan melalui aksi nyata yang berdampak langsung.

Lewat program ini, selama dua hari, setiap pembelian produk Kopi Susu Keluarga akan secara otomatis dikonversi menjadi donasi untuk mendukung aksi pembersihan sungai.

Baca Juga: Perusahaan Pemilik AZKO Raih Penjualan Rp8,58 Triliun di 2024, Tumbuh 12,6%

Melalui partisipasi pelanggan, secangkir kopi menjadi bentuk kontribusi terhadap masa depan bumi yang lebih bersih.

Puncak dari kegiatan ini berlangsung pada 30 April 2025, dalam bentuk aksi bersih-bersih sungai di daerah Jabodetabek.

Kegiatan yang dilakukan bersama Pandawara Group—komunitas anak muda yang dikenal peduli terhadap isu lingkungan, khususnya membersihkan area sungai—ini berhasil membersihkan 8 ton sampah dari sungai tersebut.

Sampah yang berhasil dikumpulkan tidak akan berakhir di tempat pembuangan akhir, karena FamilyMart menggandeng mitra pengelola untuk memastikan sampah dipilah dan didaur ulang dengan baik.

Baca Juga: Hadirkan Konsep Open Space, Hampton Square Jadi Pusat Kuliner dan Gaya Hidup di Gading Serpong

Selanjutnya, sampah plastik yang telah diolah akan dikirimkan ke Robries untuk diubah menjadi produk upcycle seperti meja dan kursi ramah lingkungan, yang nantinya akan dipajang di beberapa gerai FamilyMart sebagai simbol perubahan dan edukasi kepada pelanggan.

CEO FamilyMart Indonesia, Wirry Tjandra mengatakan, tanggung jawab perusahaan tidak hanya terletak pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada keberlanjutan lingkungan.

pandawara familymart satu kopi aksi sampah sungai realestat.id dok
Puncak kegiatan Satu Kopi, Satu Aksi berlangsung pada 30 April 2025, dalam bentuk aksi bersih-bersih sungai di daerah Jabodetabek. (Foto: Dok. FamilyMart)

Melalui program 'Satu Kopi, Satu Aksi', imbuhnya, FamilyMart ingin mengambil langkah nyata dalam pelestarian sungai dan lingkungan sekitar.

"Namun, kami menyadari bahwa kami tidak bisa berjalan sendiri. Diperlukan kerja sama dari berbagai pihak—masyarakat, komunitas, dan pelanggan," terangnya.

Baca Juga: Resmi Dibuka, AEON CitraRaya Tangerang Hadirkan Destinasi Belanja ‘One-Stop Shopping’

Wirry pun mengajak masyarakat untuk mulai dari hal-hal kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak mencemari saluran air, dan ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih sungai.

"Kami berharap, melalui langkah ini, generasi mendatang masih bisa menikmati keindahan dan manfaat sungai yang lestari,” tuturnya.

Menurut Wirry Tjandra, FamilyMart percaya bahwa kolaborasi dengan komunitas dan pelanggan dapat menciptakan dampak yang nyata bagi bumi.

"Kampanye ini menjadi komitmen awal dari perjalanan panjang menuju keberlanjutan yang lebih baik," katanya.

Baca Juga: The Barn, Mal Berkonsep Open Air di BSD City, Resmi Dibuka!

Sebagai informasi, FamilyMart Indonesia adalah jaringan convenience store asal Jepang yang beroperasi sejak 2012 di bawah PT Fajar Mitra Indah, bagian dari Wings Group, sebagai pemegang lisensi tunggal di Indonesia.

Dikenal dengan makanan dan minuman yang enak, berkualitas, dan terjangkau, FamilyMart menyediakan berbagai kebutuhan harian.

Produk seperti Kopi Susu Keluarga (KSK), ayam crispy, siomay, dan oden telah menjadi favorit masyarakat urban.

FamilyMart juga dikenal dengan kehadirannya di gedung-gedung perkantoran dan saat ini menguasai sekitar 90% gedung perkantoran di Jakarta.

Saat ini, FamilyMart mengoperasikan lebih dari 410 toko di Jabodetabek, Surabaya, Malang, dan Bali, dan terus bertambah setiap tahunnya.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Paviliun LIXIL-bertema ‘Health-Through-Water’ yang memamerkan deretan produk sanitary GROHE SPA di ARCH:ID 2025 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber: LIXIL Indonesia)
Paviliun LIXIL-bertema ‘Health-Through-Water’ yang memamerkan deretan produk sanitary GROHE SPA di ARCH:ID 2025 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber: LIXIL Indonesia)
Gambar tampak depan rumah di klaster Rivella Altea BLVD Cibubur. (Sumber: Astra Land Indonesia)
Gambar tampak depan rumah di klaster Rivella Altea BLVD Cibubur. (Sumber: Astra Land Indonesia)