RealEstat.id (Jakarta) - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) meluncurkan BTN Prospera, layanan keuangan untuk masyarakat kelas menengah atau segmen Emerging Affluent.
Berdasarkan survei Hakuhodo Institute of Live and Living (Hill) ASEAN pada 2023, sebanyak 9% dari total populasi Indonesia masuk dalam kategori Emerging Affluent.
Survei tersebut juga memperkirakan, masyarakat kelas menengah akan bertumbuh tiga kali lipat pada tahun 2023 dan 2024.
Direktur Distribution and Institutional Funding BTN, Jasmin mengatakan persero berinisiatif untuk menghadirkan layanan keuangan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah untuk membangun kekayaan secara berkelanjutan, seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Baca Juga: Rilis Logo Baru, BTN Lakukan Transformasi Layanan Perbankan Modern dan Inovatif
“Kami memahami setiap individu memiliki kesempatan dan potensi, yang perlu diwujudkan serta diselaraskan dengan kebutuhannya masing-masing," kata Jasmin dalam Press Conference Peluncuran BTN Prospera di Jakarta, Jumat (22/3/2024).
Adapun layanan perbankan ini dihadirkan untuk nasabah yang memiliki dana simpanan sekitar Rp100 juta hingga Rp500 juta.
Bidik Ribuan Nasabah Baru
Dengan mengusung brand promise “Unlocking Your Potential”, Bank BTN membidik lebih dari 6.000 nasabah baru.
"Kami menargetkan BTN Prospera bisa mendorong pertumbuhan dana portfolio, dengan total target mencapai Rp8 triliun hingga akhir tahun ini," ujar Jasmin.
Layanan ini juga diharapkan menjadi batu loncatan bagi para nasabah menuju segmen lanjutan, yakni BTN Prioritas yang merupakan kategori untuk nasabah pemilik dana dengan nilai di atas Rp500 juta.
Baca Juga: Raih Laba Rp3,5 Triliun, RUPST BTN: Alokasi Dividen Sebesar Rp700 Miliar
"BTN Prospera hadir dengan solusi perbankan dan keuangan yang tepat, untuk membantu nasabah dalam mengoptimalkan kekayaan secara jangka panjang,” ujar Jasmin.
Hingga kini jumlah nasabah BTN yang memiliki dana kelolaan antara Rp100 juta hingga Rp500 juta mencapai lebih dari 44.000 nasabah, dengan nilai dana kelolaan mencapai lebih dari Rp9 triliun.
“Kami optimistis target tersebut bisa dicapai dengan berbagai strategi yang diterapkan serta potensi nasabah yang sangat besar di Indonesia,” jelas dia.
Untuk mencapai target tersebut perseroan akan melakukan beberapa hal. Diantaranya, melakukan pelatihan terhadap 128 Prospera Banking Officer (PBO) di seluruh cabang BTN.
Baca Juga: Bank BTN Rilis Produk KPR BTN Prioritas, Ticket Size Mulai Rp750 Juta
Perseroan juga akan melakukan penawaran BTN Prospera melalui ekosistem bisnis dan optimalisasi telemarketing.
Layanan Komprehensif BTN Prospera
Jasmin lebih lanjut mengatakan bahwa para nasabah akan mendapatkan layanan perbankan secara eksklusif dan komprehensif.
Adapun benefit yang ditawarkan berbasis pada tiga hal, yakni pertumbuhan kekayaan (Wealth Growth), stabilitas keuangan (Financial Stability), dan pemenuhan gaya hidup (Lifestyle and Loyalty).
“Nama Prospera mengandung unsur kata Prosperity atau Sejahtera," kata Jasmin.
Baca Juga: Bank BTN Optimistis Sektor Properti Tanah Air Makin Prospektif di 2024
"Melalui layanan ini, kami ingin mendukung nasabah untuk mencapai kekayaan materi, keseimbangan hidup dan kebahagiaan," tambah dia.
Pihak perseroan akan menghadirkan layanan eksklusif dari 128 Prospera Banking Officer (PBO), yang tersedia di 81 Kantor Cabang dan 541 Kantor Cabang Pembantu di seluruh Indonesia.
"Para PBO siap memberikan pendampingan untuk bisnis dan pengelolaan kekayaan nasabah," ujar Jasmin.
Nasabah juga akan mendapatkan berbagai infomasi terkini mengenai pengembangan bisnis dan investasi, melalui layanan business corner, e-booklet, dan saran lainnya.
Baca Juga: Penetrasi KPR BTN dan Mimpi Indah Keluarga Pekerja Sektor Informal
Mereka bisa pula mengakses berbagai fitur dan layanan, melalui kanal digital, seperti BTN Mobile dan Internet Banking Business.
Sebagai bentuk apresiasi bagi kesetiaan nasabah, persero akan memberikan manfaat loyalty melalui BTN Spekta Poin dan PLUS: Loyalty Platform.
“Kami memberikan sejumlah manfaat yang menarik untuk bertransaksi, seperti kartu debit, kartu kredit co-branding dan layanan pinjaman, serta layanan eksklusif di lounge bandara,” pungkas Jasmin.
Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News