Living World Kota Wisata Cibubur dan Kemenparekraf Helat Pelatihan Barista

Pelatihan barista ini bertujuan meningkatkan keterampilan meracik kopi dan menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing secara global.

Pelatihan Barista yang digelar Kemenparekraf di Living World Kota Wisata Cibubur (Foto: Istimewa)
Pelatihan Barista yang digelar Kemenparekraf di Living World Kota Wisata Cibubur (Foto: Istimewa)

RealEstat.id (Bogor,) – Living World Kota Wisata Cibubur mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dalam pengembangan sumber daya dan industri lokal melalui kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bagi barista di Kabupaten Bogor.

Diselenggarakan pada 9 dan 10 Oktober 2024, acara ini juga mengawali berbagai kegiatan dan program belanja menarik bertemakan ‘Autumn Glow’ di Living World Kota Wisata Cibubur sepanjang bulan Oktober 2024.

Sebagai informasi, Living World Kota Wisata Cibubur merupakan pusat belanja yang dikembangkan PT Sahabat Kota Wisata, perusahaan joint venture antara Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land.

Baca Juga: Tol Cibitung-Cilincing Dibuka, Kota Wisata Cibubur Terhubung JORR 2

Dalam kata sambutannya, Toar Ramses Emil Mangaribi, Ketua Tim 1 Adyatama Pariwisata Ekonomi Kreatif menyampaikan, tingkat konsumsi atau tren minum kopi saat ini bertumbuh ke arah yang positif dan sejalan pula dengan perkembangan industri kopi lokal di Indonesia.

Melihat hal tersebut, imbuhnya, tentunya potensi barista juga harus ditingkatkan, salah satunya dengan mengikuti kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi yang diinisiasi oleh Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif ini.

"Setelah pelatihan ini, nanti akan ada sertifikasi untuk ke-50 peserta yang hadir, sehingga harapannya dapat menciptakan peluang kerja dan peluang usaha bagi SDM ekonomi kreatif yang berkompeten,” kata Toar.

Pada kesempatan yang sama, Yudi Santosa, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor menuturkan, di Kabupaten Bogor, mulai dari Bogor Timur sampai Utara sudah ada sekitar ribuan barista dan mereka semua tentunya membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mengolah dan menyajikan kopi lebih baik lagi.

Baca Juga: Topping Off Digelar, ARTOTEL Living World Kota Wisata Beroperasi Juni 2025

"Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi barista yang diselenggarakan Kemenparekraf/Baparekraf menjadi jembatan agar para barista dapat menghasilkan sikap kerja yang sesuai dengan standar internasional, sehingga semakin mampu berkompetisi,” tuturnya.

Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) barista yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf/Baparekraf di Living World Kota Wisata Cibubur bertujuan untuk meningkatkan keterampilan meracik kopi dan menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing secara global.

Sebanyak 50 peserta yang merupakan para pelaku ekonomi kreatif di subsektor kuliner turut serta dalam pelatihan dengan modul SKKNI Barista dengan pola 20% materi dan 80% praktik oleh narasumber/instruktur dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan telah berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Baca Juga: Resmi Beroperasi, Living World Kota Wisata Cibubur Digadang Mal Terbesar di Timur Jakarta

Diselenggarakan selama dua hari, para peserta mendapatkan pengetahuan perihal jenis, karakteristik, dan keberagaman rasa kopi; cara budidaya kopi, mulai dari penanaman, pasca panen, dan pengolahan biji kopi; hingga teknik menyeduh dan menyajikan kopi.

Para peserta pelatihan yang dinilai kompeten akan diberikan sertifikasi kompetensi oleh Direktorat Standardisasi Kompetensi.

Budi Santoso, General Manager Operasional Living World Kota Wisata Cibubur merasa senang dapatberkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) untuk menjadi bagian dari kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bagi para barista di Kabupaten Bogor.

"Kolaborasi ini merupakan bentuk sinergi kami dengan pemerintah dalam upaya mendukung peningkatan kompetensi dan peluang usaha bagi industri lokal serta dapat menjadi semangat bagi barista agar dapat terus berinovasi dan berkarya,” terangnya.

Baca Juga: ATARU Hadir di AEON Mall Deltamas, Siap Jadi Destinasi Favorit Anak Muda

Sepanjang bulan Oktober 2024 Living World Kota Wisata Cibubur juga mengusung thematic event bertajuk ‘Autumn Glow’ dengan menghadirkan berbagai Diskon menarik dari brand fashion & retail, health & beauty, optic, hingga jewellery & accessories.

Bertepatan dengan perayaan Halloween, Living World Kota Wisata Cibubur juga mengadakan Spooktober Kids Party pada 20 Oktober 2024 di mana terdapat berbagai activity untuk anak-anak, seperti lomba peragaan busana atau kostum Halloween, parade berkeliling mengunjungi tenant dan mendapatkan special treats, hingga menikmati berbagai hiburan menarik sebagai penutup acara.

Berbagai program belanja juga hadir untuk mengapresiasi pengunjung, seperti ‘Sparkling Treats’ dimana pengunjung bisa mendapatkan voucher belanja senilai Rp50 ribu dengan menukarkan struk belanja minimum Rp200 ribu.

Baca Juga: Kawan Lama Group Buka ACE Indonesia dan Toys Kingdom di Puri Indah Mall

Ada pula ‘Weekdays Top Spender’ di mana pengunjung dengan akumulasi transaksi terbanyak setiap minggunya bisa mendapatkan fasilitas gratis parkir selama 30 hari dan voucher belanja senilai Rp150 ribu.

Payday Rewards’ untuk memenangkan lucky dip berbagai voucher belanja dengan total senilai jutaan rupiah, ‘Faboolous Surprises’ untuk mendapatkan Halloween Special Gift dengan cukup menukarkan struk belanja minimum Rp100 ribu saja.

Sementara itu, ‘Annual Top Spender & Most Frequent Shopper’ dimana pengunjung dengan transaksi dan kunjungan terbanyak ke Living World Kota Wisata Cibubur sejak 15 Maret - 31 Desember 2024 akan mendapatkan voucher belanja senilai total Rp24 juta.

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait


Kiri ke kanan: Mart Polman; CEO Lamudi.co.id, Albert Surjaudaja; Co-Founder & CEO IDEAL, Mark Nosworthy; CEO Digital Classifieds Group (DCG), Ian Daniel Santoso; Co-Founder & Board Advisor IDEAL. (Sumber: Lamudi)
Kiri ke kanan: Mart Polman; CEO Lamudi.co.id, Albert Surjaudaja; Co-Founder & CEO IDEAL, Mark Nosworthy; CEO Digital Classifieds Group (DCG), Ian Daniel Santoso; Co-Founder & Board Advisor IDEAL. (Sumber: Lamudi)
Perwakilan Sharp Indonesia bersama perwakilan Sharp Corporation menunjukan produk vacuum cleaner, Kamis (05/12/2024) di Hotel Mulia, Jakarta. Vacuum cleaner ini merupakan bagian dari small home appliance terbaru yang dirilis di akhir tahun 2024. (Sumber: Sharp Indonesia)
Perwakilan Sharp Indonesia bersama perwakilan Sharp Corporation menunjukan produk vacuum cleaner, Kamis (05/12/2024) di Hotel Mulia, Jakarta. Vacuum cleaner ini merupakan bagian dari small home appliance terbaru yang dirilis di akhir tahun 2024. (Sumber: Sharp Indonesia)
Keindahan arsitektur dari bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda, Villa  Yuliana di Sulawesi Selatan. (Sumber: Lion Mag)
Keindahan arsitektur dari bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda, Villa Yuliana di Sulawesi Selatan. (Sumber: Lion Mag)
Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta (Foto: Dok. Realestat.id)
Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman, Jakarta (Foto: Dok. Realestat.id)