RealEstat.id (Jakarta) - LG Electronics Indonesia merayakan 34 tahun kehadirannya di tanah air dengan menggelar program spesial bertajuk Life’s Good Family Day.
Tercatat 6.000 peserta yang berasal dari jajaran manajemen, karyawan dan keluarganya turut menjadi bagian dari acara family gathering tersebut.
Meski dihelat pada dua tempat wisata berbeda dengan pertimbangan banyaknya peserta, tetapi perayaan dilakukan pada waktu yang hampir bersamaan.
Dalam program family gathering itu, LG juga mengungkap beberapa langkah yang disiapkannya untuk memperkuat bisnisnya di Indonesia pada masa mendatang.
Baca Juga: LG Helat Better Life Festival, Ajak Anak Muda Terapkan Gaya Hidup Berkelanjutan
Presiden LG Electronics Indonesia, Lee Taejin mengatakan bahwa setiap langkah sepanjang perjalanan LG berkarya bagi masyarakat Indonesia tak lepas dari kolaborasi kuat antar sumber daya manusia didalamnya.
”Ini (Life's Good Family) juga menjadi momen bagi LG untuk mengapresiasi sekaligus melakukan refleksi untuk menetapkan pijakan lebih kuat di masa mendatang,” ujar Lee Taejin, pada Sabtu (16/11/2024).
Transformasi LG di Indonesia
Bicara ditengah perayaan tersebut, Lee Taejin pun mengungkap transformasi LG sepanjang 34 tahun di Indonesia menjadi sebuah perusahaan dengan integrasi menyeluruh pada tiap rantai pasokan.
Hal ini menurutnya tak lepas dari fasilitas pendukung operasional yang dikembangkan LG di Indonesia.
Selain kantor pusat yang menangani pemasaran berbagai produk, LG juga memiliki dua fasilitas produksi di Indonesia untuk melayani pasar domestik maupun ekspor.
Baca Juga: LG Bawa Visi Rumah Masa Depan di IFA 2024 dengan Teknologi Terpersonalisasi
Sedangkan untuk menangani purna jualnya, produsen elektronik asal Korea Selatan ini memiliki jajaran kantor LG Service Center yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
Teranyar, LG telah memiliki pusat riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D) untuk mendukung kinerjanya di Indonesia.
Lee Taejin mengungkapkan bahwa mereka menjadi perusahaan LG pertama di dunia yang dapat melakukan peran terintegrasi lengkap tersebut.
“Kelengkapan fasilitas pendukung operasional ini memungkinkan perusahaan dapat melakukan operasi satu atap dengan mudah," kata Lee Taejin.
Baca Juga: Bidik Generasi Muda, LG Buka Life'S Good Experience Zone di Grand Indonesia
"Mulai dari pengembangan, produksi, pemasaran, penjualan produk, hingga layanan purna jual,” ujar dia menambahkan.
Kekuatan integrasi inilah yang menurutnya memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat dapat membawa berbagai ragam inovasi produk terbaiknya bagi pasar Indonesia.
Rencana Pengembangan Produk Baru
Sepanjang tahun ini LG tercatat telah memperkenalkan ragam produk elektronik terbaiknya, hanya beberapa bulan setelah debut globalnya di Consumer Electronics Show 2024.
Untuk semakin memperkuat bisnisnya di Indonesia, LG telah berancang-ancang menambah dua kategori baru perangkat rumah tangga, yakni perangkat vacuum cleaner dan dehumidifier.
Meski belum menyebut waktu pastinya, tetapi kemungkinan Lee Taejin mengatakan rencana ini akan siap terealisasi pada akhir tahun 2024.
Selain itu, LG juga mengungkap rencananya untuk menghadirkan ragam produk elektronik terbaru yang dikembangkan khusus untuk pasar Asia.
Baca Juga: LG Luncurkan Mesin Cuci Front Loading Kapasitas Besar dengan Fitur AI Terbaru
“Kehadirannya merupakan buah dari berbagai riset yang kami lakukan untuk menjadi solusi tepat bagi pasar Asia, termasuk masyarakat Indonesia,” tambah Lee Taejin.
Diantara produk tersebut yakni dari kategori kulkas dan mesin cuci. Untuk kategori kulkas, akan terdapat dua kategori utama yaitu LG InstaView French-Door dan InstaView Bottom Freezer.
LG pun akan memperluas lini produk mesin cuci AI DD (Artificial Intelligence - Direct Drive) 2.0.
“Peluncuran mesin cuci ini nantinya akan semakin memperkuat penggunaan teknologi yang mengadaptasi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) untuk perawatan pakaian lebih baik,” ujar Lee Taejin.
Baca Juga: Digital Display LG Raih TKDN, Siap Dukung Kebutuhan Bisnis Komersial dan Dunia Pendidikan
Tingkatkan TKDN
Dalam program LG Life’s Good Family Day, Lee Taejin juga mengungkapkan rencana mereka menyiapkan berbagai langkah untuk memperbesar tingkat komponen dalam negeri (TKDN).
“Peningkatan kandungan lokal ini akan semakin menguat di masa mendatang, sejalan dengan komitmen kami untuk berkontribusi pada peningkatan ekonomi dan sosial masyarakat Indonesia,” kata dia.
LG akan terus berupaya menjadi lebih berkelanjutan dengan aktif dalam program Environment Social Governance melalui LG Loves Indonesia.
Baca Juga: LG Distribusikan 330 Paket Buku Bacaan untuk PAUD
Antara lain, program LG Loves Green; LG Loves School; LG Loves and Cares; serta LG Loves Children yang dirancang untuk menitikberatkan perhatian pada perkembangan anak-anak Indonesia.
“Dalam peringatan 34 tahun berkarya di Indonesia, kami bertekad untuk terus memberikan kontribusi nyata, melalui produk dan layanan terbaik LG,” pungkas Lee Taejin.