Kementerian PUPR Bangun 50 Unit Rumah Khusus TNI di Pontianak

Rumah khusus TNI di Pontianak ini dilengkapi fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, jaringan air PDAM, jaringan listrik dan fasilitas PSU.

Rumah khusus (Rusus) TNI di Pontianak. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Rumah khusus (Rusus) TNI di Pontianak. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

RealEstat.id (Pontianak) - Mendorong pemerataan pembangunan perumahan bagi prajurit TNI Angkatan Darat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) membangun 50 unit rumah khusus bagi prajurit yang bertugas di KODAM/XII Tanjungpura di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

“Kami sedang menyelesaikan pembangunan 50 rumah khusus di Asrama Militer Hidayat ntuk prajurit di lingkungan TNI Angkatan Darat yang bertugas di KODAM /XII Tanjungpura di Pontianak,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Andy Suganda didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Khusus dan Rumah Susun SNVT Perumahan Kalbar, Irsan Basalamah saat melakukan pengecekan lapangan ke lokasi pembangunan rumah khusus di Asrama Militer Hidayat di KODAM/XII Tanjungpura Pontianak, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kementerian PUPR Serahkan Rusus ASN Polri Senilai Rp3,63 Miliar

Andy Suganda menjelaskan, pembangunan rumah khusus tersebut merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah. Kementerian PUPR berharap dengan pembangunan rumah khusus ini berguna dan dapat bermanfaat bagi prajurit TNI sehingga mereka dapat fokus bertugas di lapangan.

Berdasarkan data yang ada, imbuhnya, SNVT Penyediaan Perumahan Kalimantan Barat pada tahun anggaran 2019 membangun 50 unit rumah khusus Asrama Militer Hidayat yang terletak di Jalan Alianyang, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, kalimantan Barat. Rumah khusus tersebut dibangun dengan bentuk kopel tipe 36.

Baca Juga: Rawat Pasien Covid-19, Kementerian PUPR Siapkan Tiga Tower Tambahan di Wisma Atlet Kemayoran

Rumah khusus tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, jaringan air PDAM, jaringan listrik dan fasilitas prasana, sarana dan utilitas (PSU).

“Total anggaran untuk pembangunan 50 rumah khusus tersebut sekitar Rp7 miliar,” terang Andy dalam siaran pers yang diterima RealEstat.id.

Dalam program pembangunan rumah khusus ini, pihak SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat menggandeng pelaksana PT. Sinar Agung Mandiri sebagai penyedia jasa serta konsultan PT. Visiprana. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan KODAM /XII Tanjungpura secara intens guna memberikan hunian yang terbaik bagi prajurit TNI.

Baca Juga: Rusunawa Jadi Alternatif Tempat Perawatan Pasien Covid-19

Dari data yang dihimpun di KODAM/XII Tanjungpura, Asrama Militer Hidayat dibangun pada tahun 1950. Kondisi asrama tersebut sebelumnya masih berbentuk barak dengan struktur material kayu dan memiliki atap dari kayu ulin.

Salah satu penghuni, Letkol Bahrun Taslim, prajurit TNI AD, KODAM/XII Tanjungpura yang juga sebagai Ketua Rukun Tetangga di Asrama Militer Hidayat mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas pembangunan ini karena rumah khusus yang dibangun Kementerian PUPR sangat baik dan layak huni.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Kementerian PUPR yang telah membangun Asrama Militer ini menjadi lebih baik dan layak huni,” tandasnya.

Berita Terkait

Rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Rusun ASN di Bengkulu (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Rusun ASN di Bengkulu (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kementerian PUPR dengan Bank Mandiri untuk penyaluran Dana Program BSPS di Gorontalo.
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kementerian PUPR dengan Bank Mandiri untuk penyaluran Dana Program BSPS di Gorontalo.
Lokasi Rusunawa Eks Pemulung dan Tunawisma di Bekasi (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Lokasi Rusunawa Eks Pemulung dan Tunawisma di Bekasi (Foto: Dok. Kementerian PUPR)