Isi Token Listrik Gagal Terus? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa faktor kenapa isi token listrik gagal terus. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasi masalah pengisian token listrik ini.

(Sumber: Shutterstock)
(Sumber: Shutterstock)

RealEstat.id (Jakarta) - Isi token listrik gagal terus kerap dialami oleh pengguna layanan listrik prabayar. Jangan bingung, yuk simak penyebab dan cara memperbaiki masalah pengisian token listrik berikut ini.

Permasalahan ini pastinya akan membuat kamu merasa kesal dan panik, apalagi bila kondisinya pulsa listrik rumah sudah hampir habis.

Sebab, ketika saat jumlah kilowatt hour pada listrik sudah mencapai 0, maka sambungan akan terhenti hingga token berhasil dimasukkan.

Lalu, kenapa token listrik gagal terus padahal sudah benar?

Pemicunya bisa terjadi karena banyak faktor. Mulai dari meteran listrik yang rusak, server PLN yang eror, salah mengisi ID token, dan lainnya.

Baca Juga: Mengisi Token Listrik 100 ribu Berapa kWh? Cek Penjelasannya di Sini!

RealEstat.id telah merangkum laman Kompas dan sumber lainnya, alasan mengapa token listrik gagal 3 kali ketika proses pengisian.

Penyebab Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran

kenapa token listrik gagal terus
(Sumber: Shutterstock)
1. Proses Permohonan Belum Selesai

Ada kalanya pemilik rumah akan mengajukan tambah daya, lantaran beban kebutuhan listrik rumah yang semakin tinggi.

Misalnya saja, dari daya listrik 900 VA menjadi 1300 VA.

Nah, bisa jadi proses tambah daya listrik yang belum terselesaikan tersebut menjadi sebab pengisian token listrik gagal terus.

2. Salah Masukkan Nomor Token Listrik

Mungkin tanpa sadar, kamu salah memasukkan nomor token listrik yang bejumlah 20 digit tersebut.

Penting untuk diingat, salah memasukkan nomor token berkali-kali bisa membuat meteran terblokir.

Baca Juga: Deretan Kode Rahasia Meteran Listrik PLN. Pengguna Listrik Pra Bayar Wajib Tahu!

3. Jumlah KWh Mencapai Maksimal

Isi token listrik gagal juga bisa disebabkan karena jumlah kWh pada meteran listrik telah mencapai batas maksimal.

Dalam satu bulan ada batas maksimal kWh meteran listrik yang bisa didapatkan oleh pelanggan listrik prabayar sesuai golongannya.

4. Masalah Teknis Instalasi PLN

Kamu pernah mendapati tulisan "periksa" saat isi token listrik?

Bila layar kWh meter muncul tulisan "periksa", maka hal ini terjadi karena adanya masalah teknis yang terjadi pada instalasi.

5. Meteran Listrik Prabayar Bermasalah

Penyebab pengisian token listrik gagal yang terakhir ialah bisa disebabkan karena meteran prabayar mengalami masalah.

Kasus kerusakan meteran ini umumnya ditandai dengan tulisan, seperti periksa, cancel, blocked, bahkan sampai listrik rumah padam secara tiba-tiba.

Baca Juga: Info Biaya Tambah Daya Listrik Terbaru 2023, Catat Ya!

Lantas, apa yang harus dilakukan jika isi token listrik gagal? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus

cara mengatasi token listrik gagal terus
(Sumber: Istock)
1. Teliti Kembali Nomor Token

Sebagai langkah antisipasi, pastikan dan teliti kembali nomor token yang telah kamu masukkan ke meteran listrik, sebelum menekan tombol enter.

Pastikan pula membeli pulsa listrik di tempat terpercaya, baik melalui online ataupun offline via agen.

2. Reset Meteran Listrik

Bila kamu gagal memasukkan token listrik, coba lakukan reset pada meteran. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Tekan 00 dan tombol enter untuk mereset meteran listrik.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Masukkan kembali nomor token PLN dengan benar.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol enter dan tunggu sampai beberapa saat.
  • Maka, token akan terisi secara otomatis.
2. Cek Batas KWh

Solusi isi token listrik gagal terus berikutnya ialah mengecek limit kWh pada meteran.

Sebab, PLN telah mengatur batas maksimum jumlah kWh per bulan pada setiap meteran listrik prabayar.

Baca Juga: Token Listrik 50 Ribu Berapa KWh? Ini Jawaban Lengkapnya

Bila kWh pada meteran listrik telah mencapai batas maksimal, maka otomatis pengisian token listrik gagal.

3. Lapor via Aplikasi PLN Mobile

Bila cara mengatasi token listrik gagal terus sebelumnya tidak berhasil dilakukan, maka coba lapor melalui aplikasi PLN Mobile.

Untuk langkahnya sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi PLN Mobile.
  • Lalu, buka menu "Pengaduan".
  • Kemudian, pilih "Permasalahan kWh meter Pasca Bayar dan Pra Bayar".
  • Lanjutkan dengan memilih ID pelanggan yang terdaftar.
  • Bila lokasi rumah sudah sesuai, kemudian klik "Kirim Pengaduan".
  • Maka, petugas PLN akan mendatangi rumah pelanggan listrik prabayar setelah menerima laporan.

Baca Juga: Biaya Pasang Listrik Baru PLN 2023 Serta Cara Daftarnya, Lengkap!

4. Lapor ke Layanan 123 PLN

Langkah terakhir untuk mengatasi masalah isi token listrik gagal adalah menghubungi layanan call center PLN melalui nomor 123.

Pilihlah menu untuk melakukan pengaduan layanan. Kemudian, sampaikan kepada petugas bahwa pengisian token listrik gagal terus.

Lalu, petugas akan memeriksa data yang tercatat dan memberikan arahan seperti pemeriksaan hingga beberapa hari mendatang.

Kamu pun bisa menghubungi layanan PLN melalui media sosial, yakni Facebook PLN 123, Twitter@pln_123, Instagram pln_id dan pln123_official.

Demikianlah penyebab isi token listrik gagal dan cara mengatasinya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu ketika bingung menghadapi kenapa token listrik gagal saat pengisian.

Redaksi@realestat.id

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Ilustrasi kenapa WiFi LOS Merah. (Sumber: Istock)
Ilustrasi kenapa WiFi LOS Merah. (Sumber: Istock)
Ilustrasi cara membersihkan ac sendiri yang tidak dingin di rumah. (Sumber: Istock)
Ilustrasi cara membersihkan ac sendiri yang tidak dingin di rumah. (Sumber: Istock)
Foto: Pixabay.com
Foto: Pixabay.com