RealEstat.id (Jakarta) – Bank DKI kembali menyabet penghargaan bergengsi dalam bidang Public Relations (PR) sebagai 'Top Digital PR Special Achievement for BUMD' di ajang Indonesia Top Digital PR Award 2023, yang digelar Rabu (31/5/2023) lalu.
Penghargaan yang diberikan oleh media Infoekonomi.id dan perusahaan riset dan konsultan digital Tras N Co ini diterima langsung oleh Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy.
Pada acara 3rd Indonesia Top Digital PR Award 2023 ini, Bank DKI sukses menorehkan nilai tertinggi, yakni 97,41 dalam kategori BUMD, yang menjadikan prestasi ini semakin membanggakan.
Baca Juga: Erick Thohir: Sinergi BUMN Hadirkan 'One Stop Solution' Hunian Bagi Milenial
Penghargaan 3rd Indonesia Top Digital PR Award 2023 merupakan bentuk apresiasi oleh Infoekonomi.id dan Tras N Co kepada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak perusahaan, serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dinilai berhasil mengelola dan memanfaatkan Digital PR dalam berkomunikasi, serta menjalin engagement dengan konsumen dan masyarakat untuk menciptakan persepsi positif terhadap produk dan perusahaan.
Beberapa kriteria penilaian yang digunakan, di antaranya meliputi berbagai parameter digital yaitu Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.
Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diberikan Top Digital PR Award 2023. Dia mengatakan, capaian kinerja positif yang ditorehkan Bank DKI tidak serta merta menjadikan citra positif perusahaan di ruang publik menjadi semakin mentereng, tetapi di balik itu terdapat upaya kehumasan yang menjadi ujung tombak dalam membangun persepsi.
Baca Juga: JXB Luncurkan 'The Tavia Collection', Hotel dengan Nuansa Jakarta nan Kental
“Proses komunikasi yang terbuka, konstruktif dan proporsional dalam menyampaikan informasi yang tepat mengenai langkah demi langkah pencapaian bisnis, turut memegang peran strategis dalam menunjang citra positif Perseroan. Terlebih di era digital, Bank DKI dituntut untuk turut adaptif terhadap tren komunikasi yang mengalami perubahan signifikan dengan munculnya berbagai teknologi dan platform komunikasi baru,” tutur Fidri.
Lebih lanjut dia menambahkan, tren digital public relation memberikan peluang tak terbatas untuk berinteraksi secara langsung dan real time.
“Komitmen Bank DKI mendukung transformasi digital dan inovasi di semua lini, termasuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar dapat bertransaksi dengan mudah, aman, nyaman, kapan pun dan di mana pun, dengan pilihan aplikasi digital yang dimiliki Bank DKI, di antaranya JakOne Mobile dan JakOne Pay,” Tambah Fidri.
Baca Juga: Kinerja Mentereng, Bank BTN Raih Peringkat Tertinggi Pefindo
Sementara itu, CEO Infoekonomi.id, Arief Munajad, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Digital PR merupakan integrasi antara PR dengan pemasaran digital berbasis Search Engine Optimization (SEO).
"Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), anak perusahaan, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang berhasil memanfaatkan Digital PR dalam berkomunikasi dengan efektif dan menjalin engagement dengan konsumen serta masyarakat untuk menciptakan persepsi positif terhadap produk dan perusahaan," urainya.
Pada acara tersebut, pakar Public Relation, Hifni Alifahmi menyampaikan: "saat ini sangat penting memilih saluran komunikasi yang tepat dan memanfaatkan konvergensi media komunikasi sebagai momentum emas dalam menyampaikan pesan-pesan bermakna dan inspiratif."
Dia pun juga menyoroti fenomena omni channel/metaverse dan human machine interface sebagai aspek penting dalam strategi komunikasi organisasi ke depan.
Baca Juga: Kuartal I 2023, KPR BCA Tumbuh 11,6% (YoY) Jadi Rp109,6 Triliun
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan, untuk memperkenalkan produk dan layanan serta berbagai aksi korporasi yang dijalankan Bank DKI kepada masyarakat luas, pihaknya mengoptimalkan sinergi dan kolaborasi dengan media massa.
Selain itu, Bank DKI juga menggunakan beberapa platform media digital seperti media sosial maupun media massa online sebagai sarana publikasi yang dijalankan.
Menurutnya, digitalisasi di berbagai bidang juga terus didorong, seiring implementasi transformasi Perseroan dengan menghadirkan solusi perbankan digital yang andal. Sebut saja super apps JakOne Mobile, simple apps JakOne Pay, maupun JakOne Abank. Ada pula layanan lain seperti Cash Management System, aplikasi pengajuan kredit dan pembiayaan secara online melalui e-form KMG, serta pengembangan aplikasi digital lending.
"Dalam hal pelayanan transaksi non-tunai menggunakan kartu, Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard yang berfungsi sebagaikartu uang elektronik di berbagai moda transportasi DKI Jakarta, tiket masuk sejumlah museum, hingga transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI,” tutup Arie Rinaldi.
Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News