Apa Sih Enaknya Tinggal di Rusun Mahasiswa?

Rusun mahasiswa yang dibangun Kementerian PUPR bukan sekadar bangunan vertikal saja, tapi sudah lengkap dengan fasilitas serta meubelair yang lengkap.

Ristyan Mega Putra (Foto: dok. realestat.id)
Ristyan Mega Putra (Foto: dok. realestat.id)

RealEstat.id (Jakarta) – Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia tentunya menjadi salah satu fokus pemerintah agar bangsa Indonesia menjadi negara yang maju dan mampu bersaing dengan negara-negara lain di dunia.

Hal itu dapat diwujudkan apabila generasi muda Indonesia memiliki semangat belajar serta mendapatkan fasillitas pendidikan yang memadai.

Guna mendukung peningkatan SDM unggul di Indonesia, salah satu upaya yang tengah dilaksanakan pemerintah adalah dengan melengkapi berbagai fasilitas pendidikan yang ada serta membangun rumah susun (Rusun) bagi mahasiswa di perguruan tinggi.

Baca Juga: Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Rusun Mahasiswa STPK Banau di Maluku Utara

Ya, kini telah banyak Rusun untuk para mahasiswa yang dibangun oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) yang dibangun dan lokasinya tidak jauh dari  lingkungan kampus.

Rusun yang dibangun Kementerian PUPR bukan sekadar bangunan vertikal saja, tapi sudah lengkap dengan fasilitas serta meubelair yang lengkap.

Selain itu biaya sewa yang terjangkau juga membuat para penghuninya menjadi betah dan fokus dalam belajar menuntut ilmu di bangku kuliah.

Jika dibandingkan dengan biaya sewa rumah atau indekos, tentunya tinggal di Rusun mahasiswa lebih murah.

Baca Juga: Gunakan Katalog Elektronik, Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Rusun

Selain unitnya telah dilengkapi meubelair seperti tempat tidur dan kasur yang empuk, meja belajar, kursi dan meja belajar serta lemari pakaian, Rusun juga menyediakan kamar mandi dan ruang bersama yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Fasilitas Rusun yang sudah lengkap membuat mahasiswa hanya perlu membawa pakaian dan tidak perlu repot-repot lagi mencari barang-barang untuk memenuhi kebutuhan di unit hunian.

Tentunya para mahasiswa yang diperbolehkan tinggal di Rusun merupakan mahasiswa yang telah lolos seleksi dari pengelola Rusun yang dibentuk oleh perguruan tinggi. 

Mereka yang diperbolehkan biasanya merupakan mahasiswa semester awal yang rumahnya jauh atau berasal dari luar kota.

Di Rusun mereka juga harus mematuhi tata tertib dan belajar tinggal bersama rekan-rekan seperjuangan di bangku kuliah dengan masa tinggal yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Siap Dihuni, Rusun Penyandang Disabilitas di Kota Surakarta Miliki Fasilitas Lengkap

Biasanya, setelah memasuki semester tiga atau empat para penghuni Rusun harus bergantian dengan adik kelas yang baru.

Lokasi pembangunan Rusun yang tidak terlalu jauh dari kampus juga menjadi salah satu pilihan mengapa banyak mahasiswa yang memilih tinggal di Rusun.

Selain dapat menghemat uang saku, khususnya untuk biaya transportasi, para mahasiswa juga bisa dengan mudah dan cepat mengakses kampus dengan berjalan kaki.

Di samping itu, biaya untuk membeli makanan juga tentu lebih hemat, karena biasanya banyak rumah makan atau warung di sekitar kampus yang harga makannya lebih bersahabat bagi kantong mahasiswa.

Baca Juga: Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Rusun ASN dan TNI/Polri di IKN

Biasanya, dari pihak kampus juga memberikan banyak informasi bagi para mahasiswa baru yang berasal dari luar kota agar bisa memenuhi persyaratan untuk tinggal di Rusun. Syarat-syaratnya pun tidak terlalu rumit dan mudah untuk dilengkapi.

Pembangunan Rusun ini tentu sangat mendukung para mahasiwa di Indonesia untuk terus belajar dan menimba ilmu guna menjadi SDM yang unggul di masa depan.

Program pembangunan Rusun juga harus dilaksanakan secara merata di seluruh wilayah Indonesia agar tidak terjadi ketimpangan di sektor pendidikan di Indonesia.

Selain itu, pembangunan Rusun asrama mahasiswa merupakan salah satu wujud sinergitas Kementerian PUPR dengan perguruan tinggi di Indonesia.

Baca Juga: Rusun Besutan Kementerian PUPR Dapat Apresiasi Dari Para Stakeholder

Sinergitas ini merupakan dukungan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, yaitu dengan memberikan hunian yang nyaman bagi para mahasiswa.   

Mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi adalah generasi penerus bangsa yang di masa depan.

Dengan tinggal di Rusun ini mereka fokus belajar dan diharapkan mampu mendorong kualitas pendidikan secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

Jadikan aset Rusun ini menjadi pendukung aset-aset generasi muda menuju Indonesia Emas 2045 mendatang.

Yuk tinggal di Rusun.

Artikel ini ditulis oleh: Ristyan Mega Putra, S.Sos, M.Si
Penulis adalah Pranata Humas Ahli Muda di Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Redaksi@realestat.id

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News

Berita Terkait

Ristyan Mega Putra (Foto: dok. realestat.id)
Ristyan Mega Putra (Foto: dok. realestat.id)
Muhammad Joni (Foto: Dok. RealEstat.id)
Muhammad Joni (Foto: Dok. RealEstat.id)
Dzaky Wananda Mumtaz Kamil (Foto: Dok. Pribadi)
Dzaky Wananda Mumtaz Kamil (Foto: Dok. Pribadi)
Dzaky Wananda Mumtaz Kamil (Foto: Dok. Pribadi)
Dzaky Wananda Mumtaz Kamil (Foto: Dok. Pribadi)