Akhiri Tugas Salurkan FLPP, PPDPP Perkenalkan SuperApp SiKasep

SuperApp SiKasep menggabungkan seluruh aplikasi yang ada di Kementerian PUPR dan saling bersinergi hanya dalam satu platform.

SiKasep (ilustrasi)
SiKasep (ilustrasi)

RealEstat.id (Jakarta) - Mengakhiri tugasnya menyalurkan dana KPR FLPP, PPDPP memperkenalkan inovasi terbaru SuperApp SiKasep (Sistem Informasi Kelola Sektor Perumahan). Selanjutnya aplikasi mobile ini akan dikembangkan oleh BP Tapera, sebagai Operator Investasi Pemerintah (OIP) dalam menyalurkan dana KPR subsidi tersebut.

Keberhasilan PPDPP menyalurkan dana FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) dari tahun ke tahun, tidak terlepas dari kontribusi berbagai inovasi yang telah diterapkan. Demikian penjelasan Arief Sabaruddin, Direktur Utama PPDPP, Jumat (24/12/2021).

Sebelumnya, Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) telah merilis beberapa aplikasi mobile, seperti SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan), SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang), hingga aplikasi pendukung lainnya yang terus dikembangkan, seperti pada SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi).

Baca Juga: PPDPP Serahkan Tugas Penyaluran KPR FLPP Kepada BP Tapera

Sebagai informasi, PPDPP menutup layanan penyaluran FLPP tahun 2021 pada tanggal 31 Oktober 2021. Penutupan layanan penyaluran FLPP tahun 2021 ini merupakan capaian tertinggi sepanjang sejarah penyaluran FLPP, yaitu sebesar Rp19,578 triliun untuk 178.728 unit rumah, atau 113,48% dari target yang ditetapkan di tahun 2021.

Dengan demikian, total penyaluran FLPP yang dilakukan PPDPP semenjak tahun 2010 hingga di penghujung tugasnya, PPDPP telah berhasil menyalurkan FLPP sebesar Rp75,17 triliun untuk 943. 583 unit rumah.

Arief Sabaruddin mengatakan, SuperApp SiKasep menggabungkan seluruh aplikasi yang ada di Kementerian PUPR dan saling bersinergi hanya dalam satu platform. Aplikasi ini nantinya dapat diunduh melalui Playstore.

Baca Juga: BP Tapera Resmi Salurkan KPR Subsidi FLPP

Adapun aplikasi yang akan dipertemukan adalah seperti SiKasep, SiKumbang, SiPetruk, Sistem Aktivasi QR Code (SiAKI QC), Sistem Registrasi Pengembang (Sireng), hingga Sistem Informasi Bantuan Perumahan (Sibaru). SuperApp SiKasep ini nantinya diharapkan juga dapat memfasilitasi pemerintah daerah dalam hal penyediaan lahan perumahan.

Selain memperkenalkan SuperApp SiKasep, di penghujung sambutannya Arief Sabaruddin mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder seperti bank pelaksana, asosiasi pengembang, hingga unit kerja di berbagai kementerian lainnya atas kerjasama yang baik selama ini di bisnis sektor perumahan.

“Kami juga berharap apa yang telah dilakukan dan diciptakan oleh PPDPP selama ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan lebih baik lagi oleh BP Tapera ke depannya. Selamat berkarya untuk BP Tapera untuk masa depan perumahan yang lebih baik di masa mendatang,” pungkas Arief Sabaruddin.

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Foto: Dok. Kementerian PUPR
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Menara Rusun Ponpes Al-Quran Az-Zayadiy (Foto: Kementerian PUPR)
Menara Rusun Ponpes Al-Quran Az-Zayadiy (Foto: Kementerian PUPR)
Rumah subsidi (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
Rumah subsidi (Foto: Dok. Kementerian PUPR)