5 Langkah Restrukturisasi Kredit Properti Akibat COVID-19

Seperti apa langkah yang dapat dilakukan debitur bank terdampak COVID-19 untuk mendapatkan solusi atas kesulitannya dalam membayar angsuran kredit properti?

Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)
Juneidi D. Kamil, Pakar Hukum Properti (Foto: RealEstat.id)

Oleh: Juneidi D. Kamil

RealEstat.id (Jakarta) - Kebijakan Pemerintah memberikan keringanan kepada nasabah bank yang terdampak COVID-19 masih banyak yang bimbang. POJK No.11/POJK.03/2020 yang dikeluarkan OJK masih dipahami kalangan perbankan belum oleh nasabah peminjam kredit bank (debitur). 

Bahkan ada persepsi yang menganggap regulasi itu diabaikan bank, padahal sesungguhnya tidak demikian. Bank-bank saat ini sedang mempersiapkan ketentuan internal untuk dapat melaksanakannya. Regulasi itu tidak hanya memberikan manfaat kepada debitur tetapi sesungguhnya juga bermanfaat bagi perbankan.

Baca Juga: Perlu Diketahui, Jenis-jenis Akad KPR Syariah

Lalu, apakah langkah yang dapat dilakukan debitur bank terdampak Covid-19 untuk mendapatkan solusi atas kesulitan debitur dalam membayar angsuran kredit properti? Ada 5 (lima) langkah yang harus dilakukan debitur bank. 

Kesulitan Membayar Cicilan?
Menilai sendiri, apakah kesulitan dalam membayar angsuran kredit properti akibat dari wabah COVID-19? Indikatornya adalah kesulitan membayar angsuran terjadi pada saat bulan Februari 2020. Bank akan menilai kembali kebenaran informasi yang disampaikan debitur ini.

Mengapa demikian? Karena Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan kita berada dalam status Darurat Bencana Wabah Virus Covid-19 pada 28 Februari 2020. Apabila jauh-jauh hari kredit Anda sebagai debitur bank memang sudah bermasalah maka jangan berharap keringanan atau berlindung dari kebijakan ini.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Properti di Tengah Pandemi Virus Corona

Kriteria lainnya adalah maksimal kredit (plafon) yang dapat diajukan restrukturisasi berdasarkan ketentuan ini sampai dengan Rp10 miliar jenis kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Apabila melebihi dari plafon itu maka bukan termasuk dalam kriteria dalam regulasi ini. Karena bukan hanya usaha debitur yang terdampak tetapi juga debiturnya secara pribadi maka jenis kreditnya dapat berupa kredit produktif untuk pelaku usaha maupun kredit konsumtif seperti KPR/KPA. 

Informasikan Kondisi Kepada Bank
Menginformasikan situasi dan kondisi kesulitan dalam membayar angsuran kredit akibat COVID-19 kepada bank. Debitur sedapat mungkin memberikan bukti (bisa berupa dokumen, foto, dll) atas situasi dan kondisi kesulitan bukan anggapan (opini) dari debitur saja.

Apabila debitur bank meninggal dunia, ahli waris dapat mengajukan klaim asuransi kepada bank sepanjang terdapat asuransi jiwa dalam fasilitas kredit itu. Ahli waris tidak perlu lagi mengajukan permohonan restrukturisasi dalam keadaan ini. Jenis kredit properti yang biasanya terdapat asuransi jiwa adalah kredit konsumtif seperti KPR/KPA.  Harus diketahui kematian debitur tidak otomatis kredit menjadi lunas.  Ahli waris berkewajiban menanggung utang tersebut apabila tidak terdapat asuransi jiwa pada fasilitas kredit yang disalurkan bank.

Baca Juga: Wabah Covid-19, Pelayanan Pertanahan ATR/BPN Gunakan Jalur Elektronik

Bank biasanya sudah mempersiapkan form permohonan agar debitur lebih mudah mengajukan permohonan restukturisasi. Permohonan itu diisi dan ditandatangani debitur selanjutnya diserahkan kepada bank. Bank akan menganalisis serta menawarkan solusi atas kesulitan debitur dalam membayar angsuran kredit.

Skema Restrukturisasi
Bank dapat memberikan solusi skema restrukturisasi kredit kepada debitur. Restrukturisasi maksudnya upaya yang dilakukan bank saat debitur kesulitan dalam membayar angsuran kredit. 

Dalam aturan POJK itu disebut kata "DAPAT" bukan "WAJIB" sehingga debitur harus proaktif jangan diam-diam saja. Oleh karenanya, bank bisa saja menolak permohonan restruturisasi kredit yang diajukan debitur apabila ternyata tidak memenuhi persyaratan bank.

Banyak skema dalam restrukturisasi kredit properti seperti perpanjangan jangka waktu kredit, penundaan penbayaran angsuran kredit dan diskon keringanan tunggakan bunga dan denda. Jadi debitur jangan menganggap bank akan langsung menangguhkan pembayaran angsuran kredit dan tidak akan melakukan penagihan selama 1 (satu) tahun seperti yang sering digembar-gemborkan. Bank berkewajiban menjaga kualitas kreditnya sehingga berhak untuk melakukan penagihan sesuai perjanjian kredit yang sudah disepakati antara bank dan nasabah.

Baca Juga: Wabah COVID-19 Bikin Pasar Perumahan Banten Turun 49,5%

Apabila pada saat dilakukan penagihan oleh petugas bank maka debitur sebaiknya menyampaikan situasi dan kondisi kesulitan yang dialaminya. Debitur dapat mengajukan restrukturisasi sesuai POJK di atas apabila benar-benar terdampak wabah Covid-19. 

Penandatanganan Addendum
Langkah selanjutnya adalah menandatangani addendum perjanjian kredit. Addendum artinya perubahan terhadap kesepakatan yang sudah ditandatangani sebelumnya oleh bank dan debitur.

Dalam rangka penandatanganan addendum debitur bisa jadi akan dikenakan biaya meterai dan/atau biaya jasa Notaris. Jika plafon kredit kecil biasanya addendum hanya dibuat di bawah tangan saja. Tetapi apabila plafonnya besar maka addendum dibuat secara otentik. Pembuatan addendum secara otentik mengeluarkan biaya untuk jasa Notaris.

Simpan Dokumen
Mendokumentasikan secara baik addendum perjanjian kredit yang sudah ditandatangani. Perjanjian kredit beserta addendum serta akta-akta lain yang ditandatangani saat kredit bank mengatur hak dan kewajiban debitur dan bank. Debitur harus menyimpan secara baik dokumen-dokumen ini.

Baca Juga: The HUD Institute Berikan Sejumlah Masukan Terkait Omnibus Law Cipta Kerja

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pelaku usaha dan debitur kredit bank yang mendapatkan pembiayaan terkait property. Semoga debitur bank yang mendapatkan fasilitas kredit properti senantiasa bertindak aman dan bijak dalam bisnis properti. Salam penuh hormat !

Juneidi D. Kamil, SH, ME, CRA adalah Praktisi Hukum Properti dan Perbankan. Artikel ini adalah pendapat pribadi penulis. Untuk berkorespondensi, dapat disampaikan melalui email: kamiljuneidi@gmail.com.

Berita Terkait

Junaido Kholis, Deputy Division Head Divisi Distribution Network & Sales Bank BNI (kiri) dan Christine Natasha Tanjungan, Vice President of Commercial National Sinar Mas Land menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama strategis antara Aerium Residence dengan Bank BNI untuk memberikan kemudahan cara bayar bagi para calon konsumen, Selasa, 20 Februari 2024. (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Junaido Kholis, Deputy Division Head Divisi Distribution Network & Sales Bank BNI (kiri) dan Christine Natasha Tanjungan, Vice President of Commercial National Sinar Mas Land menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama strategis antara Aerium Residence dengan Bank BNI untuk memberikan kemudahan cara bayar bagi para calon konsumen, Selasa, 20 Februari 2024. (Foto: Dok. Sinar Mas Land)
Junaidi Abdillah Ketua Umum DPP Apersi (Foto: realestat.id)
Junaidi Abdillah Ketua Umum DPP Apersi (Foto: realestat.id)