4 Langkah Bikin Interior Ruang Makan Berwarna Saat Libur Akhir Tahun

Banyak ide dan inspirasi interior ruang makan yang bisa mendukung momen spesial kebersamaan Anda bersama keluarga saat libur natal dan tahun baru.

Inspirasi interior ruang makan berwarna yang ceriakan momen liburan akhir tahun. (Foto: Pinterest)
Inspirasi interior ruang makan berwarna yang ceriakan momen liburan akhir tahun. (Foto: Pinterest)

RealEstat.id (Jakarta) - Keseruan momen berkumpul ketika libur akhir tahun seringkali bermula dari ruang makan di rumah.

Kolaborasi antara santapan favorit, selingan obrolan bersama keluarga ataupun kerabat dekat serta dekorasi ruang makan yang tepat akan membuat suasana berkumpul terasa semakin menghangat dan akrab.

Banyak ide dan inspirasi desain ruang makan yang bisa mendukung momen spesial kebersamaan Anda bersama keluarga saat libur natal dan tahun baru.

Baca Juga: Trik Dekorasi Ruang Makan dan Dapur Dalam Satu Area

Untuk Anda yang suka dengan suasana simpel dan elegan, boleh jadi desain ruang makan minimalis merupakan pilihan yang cocok. Namun, jika Anda menginginkan nuansa berkumpul ceria dan kasual, cobalah untuk merancang, ruang makan penuh warna atau colourful.

Menampilkan ragam warna namun tetap satu tone, akan membuat ruang makan kesayangan Anda terlihat menghibur dan menarik, lho.

Tak perlu merasa bingung untuk ‘menyulap’ ruang makan anda menjadi lebih berwarna. Anda bisa mulai menata-nya dari beberapa aspek ini.

Sentuhan Furnitur Warna-warni
Untuk memulai memberikan sentuhan colorful di ruang makan, pilihlah furnitur ruang makan warna-warni untuk membuat interior nampak ceria.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Bentuk Meja Makan Sesuai dengan Ruangan

Anda dapat meletakan kursi-meja makan dengan sentuhan warna cerah, seperti merah, hijau, biru, kuning, ataupun warna lain yang Anda sukai.

Lebih dari Satu Motif
Jangan ragu untuk menghadirkan beberapa motif di ruang makan Anda, seperti mengontraskan kursi motif polos dengan kursi motif bunga, misalnya.

Kecerian di ruang makan juga bisa hadir dengan peletakan karpet bermotif juga lho. Namun, pastikan tidak mengaplikasikan lebih dari empat pattern agar ruangan tidak terlalu ramai.

Eksplorasi Bagian Dinding
Kesan colorful juga bisa dihadirkan pada interior ruang makan dengan mengeksplore bagian dinding. Pilihlah warna cat ruang makan yang berwarna terang, agar tidak membosankan.

Baca Juga: Dekorasi Kian Berkarakter dengan Artwork di Dinding

Jika belum berpikir untuk mengubah cat dinding di ruang makan, bisa pula menggunakan artwork, seperti lukisan atau mural untuk membuat ruang makan Anda menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Lukisan bisa menjadi focal point menarik di ruang makan Anda. Padu -padankan pula dengan lampu ruang makan yang memiliki garis desain selaras.

Pernak-pernik Menarik
Jika dekorasi ruang makan Anda sudah berwarna-warni, jangan lupa berikan sedikit sentuhan warna netral pada bagian dinding atau lantai untuk menyeimbangkan komposisi.

Seimbangkan pula komposisi warna dengan menempatkan pernak-pernik menarik di meja makan, seperti vas bunga atau table runner. Selaraskan dengan warna hiasan serta furnitur, agar tetap terlihat satu tema.

Berita Terkait

Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Inspirasi desain ruang makan mungil. (Foto: Decoist)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)