4 Keuntungan Memiliki Rumah Berkonsep Cluster

Rumah berkonsep cluster adalah hunian yang dibangun berkelompok di dalam satu lingkungan dengan konsep atau bentuk bangunan yang seragam.

Perumahan cluster di kawasan Banten.
Perumahan cluster di kawasan Banten.

RealEstat.id (Jakarta) - Rumah di dalam sebuah cluster hunian belakangan banyak diminati konsumen karena dinilai menawarkan keuntungan. Hal ini pun disambut developer yang makin banyak mengembankan konsep perumahan sejenis.

Sebagai informasi, rumah berkonsep cluster adalah perumahan yang dibangun berkelompok di dalam satu lingkungan dengan konsep atau bentuk bangunan yang seragam. Umumnya, bangunan rumah di sebuah cluster dibuat tidak memiliki pagar.

Baca Juga: 7 Tips Penting Agar Rumah Anda Cepat Terjual

Jika dibandingkan dengan hunian model lainnya, rumah di dalam cluster hunian, menawarkan banyak kelebihan dan keuntungan. Apa saja ya keuntungan rumah di dalam cluster? Simak penjelasannya berikut ini.

Keamanan Terjamin
Salah satu keunggulan dari perumahan yang dibangun dengan sistem cluster adalah adanya sistem satu akses atau disebut one gate system yang bertujuan untuk memperketat keamanan. Tidak sembarang orang bisa masuk ke area kompleks, sehingga keamanan lebih terjaga.

Baca Juga: 4 Tips Membangun Rumah Impian yang Fungsional

Lingkungan Terkonsep dan Tertata
Keuntungan lain yang biasa dimiliki perumahan cluster adalah lingkungannya lebih tertata dan memiliki konsep arsitektur yang senada. Umumnya, di setiap beberapa blok akan ada taman asri yang dibuat oleh developer. Tentunya, dengan lingkungan yang bersih dan asri, akan menambah kenyamanan para penghuni rumah.

Fasilitas Lebih Lengkap
Untuk memberikan kenyamanan hidup para penghuninya, developer perumahan cluster biasanya menyertai pula dengan berbagai fasilitas umum yang cukup memadai.

Komplek hunian dengan konsep seperti itu, memiliki fasilitas seperti tempat ibadah, lapangan basket atau bulutangkis, taman, serta area jogging track. Bahkan ada yang menyediakan fasilitas kolam renang. Dengan begitu, penghuni cluster tak perlu pergi jauh untuk berolahraga.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Pengembang Properti yang Kredibel

Investasi Menjanjikan
Tak kalah dari sub sektor properti lainnya, rumah cluster menawaran keuntungan dari nilai investasi yang cukup menjanjikan. Hal ini cukup masuk akal, karena rumah di dalam cluster hunian memiliki keunggulan di sisi keamanan dan privasi. Belum lagi konsep hunian menarik dan fasilitas yang diberikan.

Semua ini membuat perumahan dengan konsep cluster terus dilirik konsumen. Dalam perhitungan investasi properti, permintaan yang meningkat akan berbanding lurus dengan eskalasi harga (capital gain).

Menarik bukan?

Redaksi@realestat.id

Berita Terkait

Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Salah satu perumahan di Jakarta Selatan yang terendam banjir. (Foto: Adhitya Putra)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi membersihkan rumah usai terendam banjir. (Foto: minews.com)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi atap rumah yang bocor. (Foto: Istimewa)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)
Inspirasi desain void rumah. (Foto: katrinaleechambers.com)